Susu menjadi salah satu jenis asupan yang bisa memberikan tambahan nutrisi untuk tubuh. Ya, hal ini karena kandungan nutrisi di dalam susu yang memang sangat banyak dan bermanfaat. Untuk konsumsi susu yang umum bagi masyarakat luas yakni susu sapi dimana diketahui mengandung kalsium, vitamin hingga mineral yang amat baik bagi tubuh.

 

Namun, seiring dengan berjalannya waktu kini bukan hanya susu sapi lho yang tersedia. Banyak sekali varian susu lainnya yang juga tak kalah bernutrisi. Dengan ketersediaan jenis susu yang banyak, maka bagi kamu yang sedang diet atau memiliki alergi pada susu sapi akan bisa memiliki alternatif untuk tetap minum susu. Nah, apa saja sih susu selain susu sapi? Yuk simak ulasannya.

 

Susu kedelai

Alternatif yang paling sering dipilih selain susu sapi yakni susu kedelai. Ya, jenis susu yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga karena di pasaran sudah banyak tersedia. Susu kedelai sendiri tidak akan bau langu apabila diolah dengan tepat. Selain itu, rasa gurihnya pun nikmat. Persoalan nutrisi juga tidak usah ditanyakan lagi deh karena susu kedelai kaya dengan protein dan isoflavon.

 

Susu almond

Susu almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Hal ini tak lepas dari kacang almond yang memang sudah dikenal sangat baik untuk tubuh. Susu almond rendah akan kalori, lemak hingga karbohidrat sehingga untuk para pejuang diet susu almond ini akan sangat cocok kamu konsumsi. Meski demikian, ada kekurangan karena susu almond cenderung rendah akan protein serta mengandung phytic acid sehingga mampu membatasi penyerapan zat besi, zinc dan kalsium. Tapi, asal konsumsinya dalam jumlah tepat maka akan tetap baik kok manfaatnya.

 

Susu santan

Santan sudah mendarah daging dalam berbagai makanan di Indonesia. Santan memang mampu memberikan citarasa yang lebih gurih di masakan sehingga tak heran jika kuliner Indonesia kaya dengan makanan bersantan. Namun, karena proses pemasakan kadang nutrisi di santan menjadi berkurang. Padahal jika dikonsumsi dengan benar, susu santan ini tidak mengandung protein, tinggi MCTs dan juga sedikit karbohidrat saja. Perpaduan ini akan menjadikan kamu mudah sekali turun berat badan lho.

 

Susu oat

Beberapa waktu belakangan ini, susu oat memang sedang jadi bahan perbincangan karena memang sedang naik daun. Rasa manisnya ringan dimana mengandung beta glucan yang amat baik untuk  bisa turunkan kolesterol serta leel gula di darah. Susu ini pun bisa dukung produksi ASI yang lebih banyak lho. Wah, kayaknya patut dicoba nih.

 

Susu beras

Siapa yang tak kenal susu dari beras atau dikenal dengan air tajin ini? Memiliki rasa manis yang ringan dan tekstur agak kental menjadikan susu ini semacam bubur. Zaman dulu, air tajin banyak diberikan untuk tambahan suplemen pada anak. Padahal orang dewasa juga bisa mengkonsumsinya kok karena susu ini paling hypo alergenic, rendah lemak dan juga protein. Tapi, konsumsi air tajin juga jangan sampai terlalu banyak lho ya.

 

Baca Juga :

Siapa Bilang Hanya Susu yang Mengandung Kalsium? Tenang, Kamu Tetap Bisa Tetap Sehat Walaupun Anti Susu

Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai Selain Untuk di Konsumsi

Siapa Bilang Susu Hanya Sehat Untuk Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Penting! Mengenal Lebih Dalam Tentang Kalori

Dalam dunia diet, kalori memang menjadi bahasan yang