450

 

Kamu mungkin sadar bahwa biotin sering digunakan untuk pertumbuhan rambut, tetapi apakah  kamu tahu persis apa manfaatnya? Biotin disebut juga sebagai vitamin B7 dan dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan sel. Dr. Shevanti Manjula Jegasothy, pendiri Miami Skin Institute di Florida, mencatat bahwa biotin telah menjadi “Kofaktor utama dalam pertumbuhan rambut dan kuku” selama 10 tahun terakhir.

 

“Biotin bereaksi dengan enzim sel rambut tertentu yang berperan penting dalam memproduksi asam amino, yang mana merupakan blok pembangun dari semua protein,” katanya. “Karena rambut itu sendiri adalah protein yang disebut keratin, biotin adalah blok pembangun dari keratin yang sangat penting.”

 

Mengonsumsi biotin untuk pertumbuhan rambut adalah praktek yang umum di dunia kecantikan saat ini, itulah sebabnya mengapa  kamu akan melihat begitu banyak suplemen dan produk rambut dengan biotin di rak-rak display. Mereka yang waspada untuk mengkonsumsi suplemen ini harus tahu bahwa biotin nyatanya sangat aman. “Kebanyakan ahli kulit merekomendasikan 1 sampai 5 mg biotin untuk orang dengan semua jenis kerontokan rambut,” kata Jegasothy.

 

Namun masih dipertanyakan kemampuannya untuk pertumbuhan rambut, ketika biotin terkandung di dalam produk rambut. “Kami tidak sepenuhnya yakin apakah biotin dalam shampoo dan produk styling benar-benar menembus kulit kepala untuk mempengaruhi pertumbuhan rambut,” jelas Jegasothy. “Jika menembus batang rambut, masih bisa tidak menyebabkan pertumbuhan rambut karena keratin dalam batang rambut yang sebenarnya sudah tidak hidup.”

 

Dengan kata lain, cara yang terbaik adalah mengkonsumsi suplemen biotin dan diet yang sehat yang mengandung makanan dengan vitamin B-kompleks, seperti kuning telur, kedelai, sereal dan kacang-kacangan. “Jika  kamu sedang berdiet atau membatasi kalori [atau] tidak cukup makan sayuran hijau, maka suplemen vitamin B-kompleks pasti dapat membantu dan tidak ada salahnya,” jelas Jegasothy.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang