Naik ke pelaminan menjadi cita-cita yang diharapkan oleh semua pasangan. Hal ini karena menikah menjadi bukti cinta yang sesungguhnya dari kedua belah pihak selaku pasangan. Dengan menikah, maka cinta itu akan bisa lebih mekar dan berada di jalur yang sesungguhnya. Wah, dalem banget nggak sih?

 

Ya, menuju ke pelaminan memang bukan hal yang mudah. Hal ini lantaran banyak sekali yang harus kamu korbankan, ego yang harus ditekan hingga mental yang perlu jauh hari disiapkan. Menikah bukan semata kamu bisa hidup serumah dengannya lho, tapi merupakan janji suci yang diucapkan di depan Tuhan. Untuk itu, sebelum jadi problema ke depan ada baiknya kamu diskusikan beberapa hal penting berikut ini dengan pasangan.

 

Kelebihan dan kekurangan dari calon pasanganmu

Kamu mungkin sering sekali untuk mendengar keluh kesah dari orang yang sudah menikah. Beberapa ada yang bilang kaget setelah tahu kebiasaan hingga karakter asli dari pasangan. Wah, ada apa sebenarnya? Kemungkinan besar tentunya mereka tidak tahu dengan siapa mereka menikah karena selama pacaran memang banyak yang menutup segala kekurangan dan sisi negatif yang dimiliki. Sebelum menyesal, kamu baiknya membahas sisi kelebihan dan kekurangan bersama pasanganmu secara jujur.

 

Prinsip hidup calon pasanganmu

Masing-masing orang memiliki perspektif tersendiri tentang bagaimana menyikapi kehidupan dan akan menjalani kehidupan. Untuk itulah kamu harus memiliki waktu tersendiri untuk membicarakan tentang prinsip dan tujuan hidup yang kamu miliki dan juga tentangnya. Selain itu, kamu juga harus tahu apa pendapatnya tentang istri yang bekerja atau tidak. Hal ini sangat penting untuk kamu bicarakan lho sehingga nantinya usai menikah kamu dan dia sudah sepakat akan hal krusial tersebut dan tidak ada cekcok.

 

Masalah finansial masing-masing

Memang sih masalah finansial sangat sensitif untuk dibicarakan, terutama untuk pasangan yang belum menikah. Siapa yang akan pegang kendali keuangan, bagaimana pengaturan keuangan hingga jumlah pun sebetulnya sah-sah saja untuk kamu bahas ketika kamu sudah serius akan menikah dengannya. Coba bahas deh, jika kamu diminta berhenti bekerja apakah calonmu bersedia memenuhi semua kebutuhanmu, kebutuhan keluargamu dan menjadi penyokong utama? Namun, jika dia memperbolehkanmu bekerja maka tanyakan apakah gaji istri dipakai untuk kebutuhan rumah atau dipisah manajemennya sebagai milik sendiri? Mungkin kamu merasa nggak enak untuk menanyakan hal ini, tapi nyatanya ini penting kok. Jangan sampai kamu mengeluh dan tidak sesuai keinginanmu nantinya.

 

Bukan hanya calon pasangan, tapi calon keluargamu juga penting kamu cari tahu

Banyak yang menyatakan jika pacaran menjadikan dunia seolah milik berdua. Namun, hal ini beda dengan menikah karena bukan hanya tentang kamu dan dia saja. Menikah juga tentang menyatukan keluargamu dan keluarganya. Untuk itu, ada baiknya kamu cari tahu dan mulai melancarkan pendekatan ke keluarga calon pasanganmu juga. Jangan sampai ada masalah misalnya tentang agama, adat istiadat dan lainnya yang bisa mempengaruhi rencana pernikahan nantinya. Ditolak calon mertua saat sedang sayang-sayangnya tuh nggak sebercanda itu lho.

Baca Juga :

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Cara Memberi Tahu Pasangan Bahwa Kamu Sedang Butuh Sendiri

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, mungkin kadang