gatal

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu bagi semua orang, rambut akan terasa sangat gatal dan tidak nyaman, selain itu ketombe juga dapat membuat rasa percaya diri menurun saat menggunakan baju berwarna hitam, akan ada banyak serbuk putih dipundak.

Ketombe cukup sulit untuk dihilangkan karena jika salah tindakan justru akan membuat rambut semakin rusak. Sebelum mengatasinya sebaiknya kamu ketahui penyebabnya terlebih dahulu agar mudah untuk mengatasinya.

 

Apa Penyebab Ketombe?

1.  Jamur yang tumbuh pada kulit kepala

Setiap orang memiliki jamur (Malassezia) yang  tumbuh di kulit kepala secara alami. Jamur ini dapat berfungsi mencerna minyak yang ada pada kulit kepala jika jumlahnya masih normal. Namun jika jumlah jamur meningkat, akan memunculkan sel-sel kulit mati berlebih yang dikarenakan tingginya pergantian sel kulit pada kepala. Dan inilah yang menyebabkan ketombe muncul pada kulit kepala.

 

2. Jumlah minyak berlebih pada kuit kepala

Kulit kering mungkin akan lebih banyak melepaskan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Namun kullt kepala yang berminyak akan membuat sel kulit mati menjadi menyatu dengan minyak sehingga membentuk gumpalan ketombe yang lebih besar dan lebih parah.

 

3. Stres

Stres bukanlah penyebab utama munculnya ketombe. Namun dengan tingkat stress yang tinggi dapat mengganggu hormone dan fungsi normal seluruh tubuh termasuk kulit kepala. Sehingga akan memunculkan ketombe pada kulit kepala.

 

Nah setelah mengetahui penyebabnya kamu bisa mengatasinya dengan cara ini.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kepala dengan cara rajin mencuci rambut dengan menggunakan shampo khusus anti ketombe, dengan cara ini kamu bisa mengurangi ketombe yang ada pada kulit kepala hingga menghilangkan ketombe dikulit kepala. Karena dengan mencuci rambut kamu bisa mengurangi minyak berlebih di kulit kepala sehingga jamur kulit kepala akan hidup tumbuh dengan normal

Cara berikutnya adalah mengurangi stres, karena stres merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Kurangi stres dengan melakukan hal-hal yang bisa menenangkanmu dengan begitu hormone dan system yang ada pada tubuh akan berjalan dengan normal.

 

Gimana ladies, cukup mudah bukan cara untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan cantik, dengan rutin melakukan perawatan rambutmu akan terhindari dari semua masalah rambut. Semoga bermanfaat.

Baca juga Rambut Rusak? Perbaiki Dengan Langkah Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Lebih dalam Tentang Bedak Translucent Dan Manfaatnya

  Wanita tentu tak akan bisa dilepaskan dari