terlambat-datang-bulan

Datang bulan atau menstruasi adalah rutinitas bulanan yang dialami oleh seorang wanita. Biasanya datang bulan datang lebih awa ataupun terlambat. Kalau terlambat dalam hitungan hari masih dikatakan wajar. Tetapi bagaimana kalau terlambat dalam jangka waktu yang lama? Nah jika seperti itu terjadi kamu harus memeriksakan kesehatan kamu ke dokter. Kebanyakan orang berpikir jika tidak datang buan dalam jangka waktu yang lama berarti hamil. Padahal ada juga penyebab lain kenapa datang bulan datang terlambat. Ini dia penyebab lain datang bulan terlambat, yaitu :

  1. Perubahan Berat Badan

Penyebab pertama yang bisa membuat kamu terlambat datang bulan adalah karena perubahan berat badan kamu. bukan hanya penurunan berat badan saja tetapi juga kenaikan berat badan dapat mempengaruhi terlambatnya datang bulan. Ha ini bisa terjadi karena dengan perubahan berat badan akan membuat hormon didalam tubuh pun akan berubah. Sehingga organ di dalam tubuh dan lemak juga tidak bekerja dengan maksimal. Padahal lemak dan organ tubuh berfungsi penting dalam mengatur siklus bulanan.

  1. Olahraga Terlalu Berat

Jika kamu suka dengan olahraga yang berat dan kmau sering mengalami keterlambatan datang bulan, mulai dari sekarang kamu harus mengurangi bahkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat. Karena sebuah penelitian yang dilakuakn menunjukkan bahwa wanita yang sering olahraga berat akan mengalami keterlambatan datang bulan setiap bulannya.

  1. Stres

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan keterlambatan datang bulan adalah karena stres atau depresi. Karena jika kamu mengalami stres maka akan berpengaruh pada hormon dalam tubuh. Sehingga dengan berubahnya hormon akan menunda proses ovulasi dan menarik semua hormon pendukung siklus menstruasi yakni estrogen juga progesteron.

Inilah beberapa faktor keterlambatan datang bulan selain faktor kehamilan. Tetapi selain penyebab diatas bisa juga karena pola makan yang buruk dan masalah tiroid dan mengonsumsi obat tertentu yang menyebabkan keterlambatan datang bulan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan