1junkfood0515-chef-jacques-lamerde

Bukan lagi soal aroma, rasa, dan lidah. Makanan juga bicara tentang cara penyajian.  Penataan makanan yang baik merangsang tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih baik pula. Biasanya, tampilan visual penataan makanan yang sangat menarik perhatian dapat kita temui di resto mahal atau di hotel bintang lima. Namun, teknik penataan makanan (plating) bisa juga kok kita pelajari untuk menyajikan makanan di rumah setiap hari. Yuk pelajari!

  1. Pilih Warna yang Kontras

fn_sweet-oatmeal-bowl-opener_s4x3

Sebelum memikirkan hal lain, pikirkan bahwa menyajikan makanan dengan warna pucat akan terlihat tidak menarik. Apapun makanan yang akan kamu sajikan nanti, pikirkan warna yang kontras. Tantang dirimu untuk menyajikan banyak warna, bisa dengan sayur mayur, buah-buahan, atau dengan hiasan makanan.

  1. Perhatikan Porsi

img_5098_1Jangan karena kamu terlalu fokus pada estetika penyajian, porsi makanan di atas piring jadi terbengkalai. Atur porsi makanan agar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

  1. Pemilihan Piring

fdd3a754c43f4b59acaef8997ef5b506

Jika kamu bingung piring seperti apa yang hendak kamu gunakan, pilih piring berwarna putih. Piring putih menonjolkan kesan kontras dan tidak bersaing dengan warna makanan yang hendak kamu sajikan. Lebih baik pilih piring yang berukuran besar dan lebar karena ruang kosong di piring tersebut memberimu leluasa lebih untuk berkreasi.

  1. Aturan Ganjil

aturan-jumlah-ganjil-plating-foodPenyajian makanan dalam jumlah ganjil lebih menarik dari jumlah genap. Hal tersebut memberi kesan ada elemen lain di suatu makanan yang membuatnya lebih menarik.

  1. Gunakan Teknik Tumpuk atau Teknik Siram
Grilled lamb carre with warm couscous salad, roasted vegetables, Dijon mustard and red wine sauce
Grilled lamb carre with warm couscous salad, roasted vegetables, Dijon mustard and red wine sauce

Atur sedemikian rupa agar makanan terlihat besar dan penuh. Hal tersebut akan lebih menarik perhatian daripada makanan yang ditata rata. Kamu dapat mengaplikasikan juga teknik siram saus atau cairan kental. Kamu bisa menggunakan pesto, remoulade, atau minyak goreng berempah untuk hidangan gurih dan pedas. Dan menambah selai buah-buahan, atau saus cokelat untuk hidangan manis.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Minyak Memasak Paling Sehat Yang Akan Menjaga Kesehatan Kamu

Sekarang ini memang banyak sekali jenis minyak goreng,