14537858121156173519

Kamu masih bekerja sebagai pegawai baru? Atau bekerja sebagai freelancer yang baru ‘kaya’ ketika ada proyek datang atau mendapat pesanan dari klien untuk mengerjakan suatu pekerjaan? Gaji yang tidak seberapa dari pekerjaanmu saat ini kamu masih bisa lho menabung tiap bulannya tanpa perlu menjadi pelit untuk dirimu sendiri.

Kontrol Kebiasaan Belanja
Jika kamu sangat suka berbelanja, usahakan belanja barang-barang yang betul-betul kamu butuhkan saja atau kamu bisa mengikuti sale musiman. Cukup sisihkan berapa persen dari uang gajimu untuk berbelanja, sisanya untuk keperluan sehari-hari seperti makan, minum, alat mandi, pulsa, dll, sisanya sisihkan untuk ditabung.

Belanja Saat Sudah Kenyang
Jika kamu sedang dalam keadaan lapar dan jalan-jalan ke mall, percayalah, kamu pasti akan melirik ke arah camilan yang pada awalnya tidak kamu rencanakan dalam daftar belanja. Pastikan kamu makan terlebih dahulu sebelum pergi ke suatu tempat.

Ambil Uang Secukupnya
Menarik uang banyak dari mesin ATM dan memegang banyak uang cash akan membuatmu tergiur untuk belanja lebih. Sebaiknya, kamu mengambil uang di ATM dengan nominal sesuai kebutuhanmu saat itu. Hal ini sebagai kontrol pengeluaranmu juga, lho sehingga berefek baik pada penghematan dan kamu bisa menyisihkan uang di ATM untuk ditabung.

Konsumsi Makanan Murah
Makanan lezat dan bergizi tidak selalu mahal, lho ladies! Untuk saat ini, sebaiknya jangan habiskan uangmu untuk wisata kuliner atau nongkrong di tempat-tempat yang mahal. Kamu masih bisa berkunjung ke restoran mewah sekali atau dua kali dalam satu bulan.

Berjalan Kaki atau Gunakan Transportasi Umum
Selain sehat, berjalan mampu membantumu untuk menghemat biaya. Jika kamu hendak keluar kos atau rumah untuk belanja ke pasar atau membeli kebutuhan sehari-hari yang jaraknya relatif dekat.  Atau jika kamu hendak bepergian jauh cobalah untuk menggunakan transportasi umum. Moda transportasi umum yang bisa kamu pilih sudah sangat banyak ragamnya. Hal ini bisa membantumu menghemat biaya juga.

 Baca juga Pantang Menyerah Adalah Kunci Utama Kesuksesan. Apakah Kamu Termasuk Tipe Orang yang Pantang Menyerah?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Membeli Lipstik

Membeli lipstik nampaknya cukup sederhana, hanya pergi ke