Siapa yang tidak suka menonton konser? Kamu pasti sangat senang menonton artis dan musisi favoritmu tampil di atas panggung, bukan? Atau kamu lebih suka menonton pertunjukan teater? Atau mungkin kamu lebih menikmati berjalan-jalan dan bertualang di museum?

Tiga kegiatan ini ternyata sangat baik untuk kamu. Menonton konser, mengunjungi museum dan menonton teater dapat membuat kamu panjang umur, loh. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa jika kita terlibat dengan seni, kita bisa menjadi lebih baik daripada yang kita bayangkan. Penelitian tersebut menemukan bahwa mengunjungi museum, konser, galeri, dan teater secara teratur dapat membuat seseorang panjang umur.

Seni dan Penurunan Risiko Kematian Dini

Terlibat dengan kegiatan kesenian secara reguler, setiap beberapa bulan sekali, dapat secara signifikan menurunkan risiko kematian dini, menurut penelitian yang diterbitkan dalam BMJ (British Medical Journal). Ditemukan bahwa risiko kematian dini dapat diturunkan sebanyak 31%. Menakjubkan, ya?

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terlibat dengan seni sekali atau dua kali setahun akan melihat manfaatnya.  Para peneliti menemukan 14% pengurangan risiko kematian selama masa tindak lanjut rata-rata 12 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan kegiatan seni dan menikmati kesenian.

Penelitian ini – yang dilakukan oleh University College London – meminta 6.710 orang yang berusia di atas 50 tahun untuk membuat daftar seberapa sering mereka terlibat dengan museum, teater, dan kesenian lainnya.

Usia rata-rata responden adalah 66 tahun dan kelompok itu terdiri dari 54% wanita. Hasil dari penelitian tetap sama dan tetap benar bahkan ketika faktor-faktor seperti status perkawinan, kekayaan, pekerjaan dan pendidikan diperhitungkan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa keterlibatan seni reseptif dapat memiliki hubungan perlindungan dengan umur panjang pada orang dewasa.

Penelitian terdahulu telah menemukan bahwa seni dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, terutama depresi, rasa sakit kronis dan kelemahan.

Bersenang-senang Menikmati Kesenian

Bagaimana? Setelah kamu mengetahui bahwa kesenian yang menyenangkan dapat mengobati banyak hal dan membuatmu panjang umur, apakah kamu ingin segera menonton konser?

Jika kamu tidak pernah menyempatkan waktu untuk menikmati kesenian atau kamu tidak bisa menikmatinya, kamu perlu belajar untuk menikmatinya. Sebenarnya, tidak hanya konser saja, menghabiskan waktu di bioskop dan menikmati film juga merupakan salah satu cara untuk menikmati kesenian.

Apabila kamu memiliki uang yang cukup dan berlebih, kamu bisa pergi menikmati konser orkestra yang akan memanjakanmu dengan lantunan lagu klasik yang menenangkan, dimainkan secara live di atas panggung. Kamu juga bisa pergi ke tempat pertunjukan di kotamu untuk menikmati berbagai pagelaran teater. Carilah info di internet dan sosial media untuk terus update tentang jadwal pagelaran seni. Biasanya, pertunjukan teater juga ada yang gratis, loh.

Bagaimana pun, hidup kita tidak bisa dipisahkan dari kesenian. Selagi kamu memiliki waktu dan kesempatan, kamu bisa pergi keluar dan menikmatinya. Selain menyenangkan, kamu dapat mengurangi risiko kematian yang artinya kamu akan menjadi panjang umur.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kegiatan-seni-untuk-atasi-stres-yang-bisa-kamu-coba/

http://www.tampilcantik.com/trik-psikologis-untuk-wawancara-kerja/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-warna-kombinasi-yang-pas-dengan-warna-hijau/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf