Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil koin lama? Ada istilah medis untuk hal ini: dysgeusia namanya, sebuah kondisi yang bisa membuat mulutmu menjadi rasa logam, asin, atah sesnasi serupa. Ketika kamu memikirkan mengenai bagaimana indera pengecapmu bekerja, mudah untuk mengetahui bagaimana ini kadang bisa kacau. Ini sebenarnya bukan tentang lidahmu, sebenarnya lidah adalah sistem kompleks yang dikendalikan oleh indera pengecap dan indera penciummu. Jika sinyal-sinyal yang disampaikan antara lidah, hidung, dan otakmu tidak terkoordinasi dengan baik, maka kamu bisa mendapatkan rasa logam tersebut.

Banyak penyebab dysgeusia bukan hal yang penting dan ini akan hilang sendirinya. Namun, bisa juga kamu harus segera mengunjungi dokter. Ini adalah kemungkinan-kemungkinan mengapa kamu menglaami dysgeusia.

Kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Antibiotik seperti amoxicillin, litihium (untuk mengobati gangguan bipolar terutama pada fase mania), obat-obatan jantung tertentu, dan allopurinol yang digunakan untuk mengobati batu ginjal, juga bisa menyebabkan dysgeusia.

Obat-obatan ini bisa merusak caramu merasa dengan beragam cara. Ada yang menyebabkan mulut kering, ada yang mengurangi produksi ludah, dan ada juga yang mengandung longam yang harus dikeluarkan lewat ludah. Selain itu, beberapa yang lain mengacaukan sinyal yang dikirim indera pengecap ke otak.

Kamu mengonsumsi vitamin atau obat warung

Multivitamin mungkin mengandung logam dalam jumlah yang tinggi, yang bisa mengganggu rasa dengan mengganggu saluran ion yang mensinyalkan persepsi kita terhadap rasa. Selain multivitamin, obat-obatan pilek dan vitamin pra-kehamilan dengan jumlah tembaga, seng, chromium, dan zat besi yang tinggi bsia menyebabkan rasa logam.

Kamu memiliki kebiasaan oral yang tidak sehat

Tidak menggosok gigi dan melakukan flossing untuk membersihkan gigimu juga bisa jadi penyebab kamu mengalami dysgeusia. Ini bukan hanya memberikanmu napas bau dan karang gigi. Semakin lama, kamu mungkin akhirnya mengalami gingivitis, yang bisa membuatmu jadi terkena infeksi seperti periodontitis. Jika kamu mengalami infeksi, maka darah yang mengalir ke lidah mungkin akan berkurang, sehingga indera pengecapmu mungkin akan terblokir dan produksi lidah juga menurun. Akhirnya, ini akan mempengaruhi indera pengecap dan hasilnya adalah rasa di lidahmu yang menjadi tidak semestinya.

Kamu mengalami infeksi sinus

Infeksi sinus juga bisa membuatmu dysgeusia atau rasa logam yang seolah ada di indera pengecapmu. Ini terjadi karena hidunggmu tersumbat. Sumbatan dan bengkakan di katup ludah bisa mempengaruhi aliran ludah. Jika ludah berkurang, maka indera pengecap beserta aktivitsnya bisa mengalami luka. Apalagi jika kamu mengonsumsi sirup zinc pereda tenggorokan, ini juga bisa menyumbang rasa logam di lidahmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Flu

Di musim yang sangat tidak menentu seperti saat