n-confidence-628x314

Semua orang pasti memiliki keunikannya masing-masing. Setiap orang pun memiliki ciri khas dan karakteristik tertentu yang membedakan antara satu orang dengan orang lainnya. Di era teknologi yang sudah berkembang pesat seperti saat ini, informasi dapat digali dari mana saja, membuat seseorang terpaksa harus mengikuti konstruksi sosial di mana kepribadian seseorang yang tidak sesuai dengan keyakinan dan paham sosial akan dikritisi habis-habisan. Padahal, kebaikan dan keburukan sikap atau sifat seseorang merupakan perbedaan cara pandang saja.

Nah, konstruksi sosial serupa ini membuat seseorang harus meminta maaf karena hal-hal tertentu dikarenakan sifat atau sikap yang tidak sesuai dan dianggap menyakiti orang lain. Kepribadian memang merupakan sesuatu yang sangat personal. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak perlu meminta maaf ke orang lain untuk beberapa hal berikut ini:

Menyampaikan pendapat

Tentang hal ini, justru telah diatur dalam Undang-Undang Dasar negara. Setiap orang memiliki ha katas pendapatnya sendiri. Pendapat orang tidak semua benar dan tidak semua salah. Semua orang juga berhak untuk menyuarakan pendapatnya di mana saja. Termasuk kamu. Kamu tidak salah dengan menyampaikan pendapat dan tidak ada alasan apapun yang membuatmu harus meminta maaf kepada orang lain tentang hal ini.

Tidak Memenuhi Ekspektasi Orang Lain

Opini dan ekspektasi orang lain yang biasanya  menghambat keingingan dan kebutuhanmu dan pada akhirnya membatasi apa saja yang hendak kamu pikirkan dan lakukan. Kemerdekaan tidak akan kamu temukan jika kamu terus-menerus memenuhi ekspektasi orang lain. Kamu tidak perlu melambatkan langkah dan tidak perlu mempercepat langkah karena kehendak orang lain. Tetaplah berdiri teguh dan percaya pada dirimu sendiri. Nikmati rencana-rencana dan hidupmu sendiri

Mengatakan Tidak pada Orang Lain

Kamulah orang yang paling mengerti hal-hal apa saja yang membuatmu senang, sedih, tertekan, lega, marah, bahagia, dsb. Kamu berhak bahagia dalam pilihan-pilihan hidupmu, termasuk mengatakan ‘tidak’ terhadap kemauan orang lain yang kamu rasa tidak cocok untuk kamu lakukan. Untuk kebahagiaanmu sendiri, orang-orang harus berkompromi. Jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang justru membuatmu tertekan dan dikuasai perasaan yang tidak menyenangkan.

Mementingkan Diri Sendiri

Memang, terdengar egois dan tidak perasa. Tetapi, kamu harus menyadari bahwa pada kenyataannya, tidak ada orang lain sebaik dirimu sendiri yang dapat menjaga hidup dan keberlangsungan hidupmu. Hal ini dibutuhkan seseorang yang memiliki kepribadian yang kuat dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Jika kebutuhan sudah terpenuhi, kamu bisa membantu orang lain yang belum seberuntung kamu. Jika keadaan sudah begini, bukan lagi namanya egois.

Nah, jadi mulai sekarang, berhenti meminta maaf atas hal-hal yang kamu lakukan seperti yang sudah diuraikan di atas ya, ladies?

Baca juga Meskipun Sudah Menikah, Wanita Cerdas Tidak Akan Melakukan Tindakan “Habis Manis, Sepah Dibuang”!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Punya Masalah dengan Percaya Diri? Begini Caranya Ningkatin Rasa Pedemu

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang