Kerontokan rambut, atau dikenal dengan istilah alopecia, adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang. Untungnya ada banyak cara mudah yang dapat memperkuat rambutmu dan mencegah kerontokan seperti memiliki pola makan yang baik, menggunakan minyak kelapa atau zaitun, amla atau gooseberry India, dan memijat kepala secara teratur dengan castor oil.

 

Memiliki rambut tebal dan sehat adalah hal yang diinginkan semua orang. Memang, kerontokkan rambut dapat disembunyikan dengan gaya rambut atau menggunakan syal atau topi. Tapi, bukankah lebih baik, jika kita mengatasinya. Dengan bertambahnya usiamu, penting untuk memiliki rambut sehat guna mencegah kerontokan dini. Ada juga obat-obatan yang dapat mengatasinya, tapi jika diberikan pilihan cara alami atau buatan. Alami selalu menjadi pilihan yang lebih baik.

 

Berikut adalah penyebab umum kerontokan rambut:

  • Hormon
  • Kondisi medis & obat-obatan yang dikonsumsi
  • Keturunan
  • Penyakit terkait sistem kekebalan tubuh (alopecia areata)
  • Rusaknya folikel rambut
  • Nutrisi buruk
  • Konsumsi vitamin A secara berlebihan

 

Dan ini lah resep rumahan yang dapat mengatasinya.

 

Minyak zaitun: Minyak zaitun dapat diaplikasikan pada kulit kepala dan ujung rambut sebelum tidur untuk meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok. Setelah aplikasi minyak zaitun, dapat dicuci dengan baking soda untuk hasil terbaik.

 

Campuran minyak biji sawi (mustard oil) dan daun henna: Daun henna, jika direbus bersamaan dengan minyak biji sawi membantu menumbukan rambut yang sehat dan sebagai pengobatan untuk kebotakan. Setelah kedua bahan mendidih bersamaan, kemudian harus disaring menggunakan sepotong kain. Hasil saringan dapat disimpan dan dipakai kemudian hari. Memijat kulit kepala kamu dengan minyak ini setiap hari akan memberikan hasil terbaik.

 

Bawang bombay: Bawang terbukti bermanfaat untuk rambut rontok yang ekstrim. Bawang bisa ditumbuk menjadi pasta dan kemudian dioleskan pada kulit kepala. Setelah beberapa didiamkan saat, oleskan sedikit madu. Bilas rambut dengan air hangat, setelahnya.

 

Bayam dan selada: Jika rambut rontok akarena kekurangan vitamin, jus yang terbuat dari bayam dan selada dapat dioleskan kulit kepala. Meminum selada dan wortel jus juga dapat membantu dalam mengurangi kerontokan rambut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat