Ngomongin produk lokal mah gak ada habisnya tahun ini. Banyak brand baru dan brand lama bersaing merebut hati yang lemah akan makeup unyuk, salah satunya aku. Aku suka banget produk Indonesia karena kebanyakan murah dan kualitasnya bisa bersaing sama merk luar. Produk favoritku sampai saat ini cheecklit dari Emina sama lipen purbasari. XD

Namun kali ini aku mau membahas salah satu produk Mukka Kosmetik, Mukka Cosmetic Set 801 Palette. Masih banyak yang belum tau akan adanya merek Mukka ini. Padahal Mukka sudah berdiri semenjak tahun 2003 dan sudah diregistrasi pada BPOM. Pabrik Mukka sudah memperoleh GMP dan USA-FDA Approved. Jadi, produk ini terjamin amannya dan gak usah ragu untuk beli ya, girls! 😉

Packaging

tampak dpan

Mukka Kosmetik 801 ini adalah salah satu produk palette mereka. Bentuknya kotak dengan 12 eyeshadow dan 4 blush on. Kemasan kotaknya cantik terbuat dari kertas biasa. Dibagian tengah dibuat lubang sehingga kita bisa secara jelas melihat warna pada pallete plastik tersebut.

Belakang

Sekilas dari foto, palette ini pasti terlihat besar, namun sebenarnya palette ini hanya berukuran 13×10 cm. Sangat travel friendly. Ukurannya juga cukup ringa untuk sebuah palette, yaitu 34,4 gram. Di bagian belakang boks terdapat penjelasan, manufactured expired, dan bahan – bahan.

Setelah kotak dibuka, kita bisa melihat secara jelas palette ini terbuat dari plastik yang ringkih. Bagian depan terbuat dari plastik transparan dengan sedikit aksen, tulisan merek dan kode produk. Bagian belakang terbuat dari plastik hitam tanpa ada penjelasan apa pun kecuali shade yang aku beli, yaitu A. Aku kurang suka dengan kemasan seperti ini karena cepat sekali kotor dan tergores.

belakang

Palette ini dilengkapi dengan cermin dan brush dual ended. Tapi ya KENAPA KACANYA KECIL AMAT? Ngaca buat blending aja enggak bisa. Sedangkan brush dual ended nya di satu ujungnya terdapat aplikator eyeshadow dan satunya aku yakin brush nya untuk blush on, tapi ya kecil banget.

16-06-26-17-04-05-697_deco-small

Kalian walau enggak sentuh brush nya, pasti tau brush ini gak bisa difungsikan dengan benar. Jadi, daripada berharap lebih sama brush nya, mending beli atau pakai brush sendiri deh, terutama brush blush on. Kalau sekecil itu kapan kelarnya dandan? -__- Menurutku daripada gak berfungsi sama sekali mending enggak usah sekalian ada. Cuma jadi pemanis yang  tidak manis.

Ingredients

Talc, Mica, Titanium Dioxide, Cetearyl Isononanoate, Strearoxy Dimethicone, Acetylated Lanolin Alcohol, Cetyl Acetate, Isopropyl Lanolate, Manganese Violet, Dimethicone, Zinc Stearate, Methylparaben, Propylparaben, Silica, Lanolin Oil, Nylon-12, BHA, Butylparaben, Ethylparaben, Methicone, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum, CI 77491, CI 42090, CI75470, CI 19140, CI 77492,  CI 77499,  CI 12085,  CI 77163,  CI 15850, Red 7 (CI 15850:1).

Produknya masih ada kandungan alkohol, paraben, dan mineral oil. Mungkin ada yang menghindari bahan – bahan ini?

Information

Varian 801 ini memiliki dua set. Ini perbedaan dari dua set 801:

801_colorpalettee

Set A, punyaku warnanya lebih kalem daripada set B yang colorful. Menurutku kalau memang dipakai untuk daily, lebih enak set A sih. Warnanya semua kepakai menurutku. Tapi kalau ngomongin undertone, keliatan banget set A ini untuk warm tone dan set B untuk cold tone.

Tapi balik lagi sih ke kaliannya. Kalau suka kalem ya set A, suka yang colorful ya set B. :3

Scent, Color, Texture

Inilah saat ditunggu – tunggu, swatch! Tapi sebelumnya aku mau membahas tentang wanginya produk ini. Baunya kaya bedak zaman dulu. Jangan di deketin ke hidung, gaes. Bisa bersin.

color

Aku swatch produknya dengan dan tidak dengan eye base biar kalian bisa melihat perbandingannya. Lumayan mencolok sih menurutku. Karena setiap shade enggak ada namanya, aku kasi nomor aja ya biar gampang carinya. Aku swatch dari yang no eye base ya.

16-10-30-02-42-56-472_deco-small

16-10-30-02-45-22-024_deco-small

16-10-30-02-39-48-759_deco-small

Bisa dilihat warna kalemnya itu less pigmented dari warna yang bold (no 7 – 12). Aku swatch dengan 3 kali oles. Kalau sekali warnanya enggak keliatan. :)) Untuk blush on nya walau sekilas terlihat sama, namun no 15 lebih vibrant dan lebih pink dari no 13. No 16 pun lebih oranye dari no 14 yang peachy.

Nah, sekarang yang pakai eye base. Blush on nya pun aku pakaikan eye base, jadi kalian bisa tau bagaimana warnanya saat di wajah dengan ABC cream/foundation sebagai dasar.

16-10-30-02-31-20-614_deco-small

16-10-30-02-35-02-412_deco-small

16-10-30-02-37-52-700_deco-small

Keliatan banget ya warnanya. Sama – sama tiga colekan (((COLEKAN))) per shade. Kalau tadi tanpa eye base, no 8 sama 11 terlihat hampir sama. Tapi ketika dipakai eye base baru terlihat jelas perbedaannya. Sedangkan untuk blush on lebih terlihat lagi warna aslinya. No 13: pink; No 14: peach; no 15: fuschia; no 16: oranye. Warnanya cantik banget ini kalau di wajah.

Kalau diaplikasi eyeshadow nya bagaimana ya? Well, aku sudah swatch ke mata cuma memakai eye base juga karena kalau tanpa eye base warnanya gak fibrant dan gamau keliatan. Hanya shimmer yang terlihat.

16-10-29-17-47-25-626_deco-small16-10-29-17-48-07-254_deco-small

Teksturnya powdery banget. Serbuk – serbuknya saat diaplikasikan ke mata pasti mengotori bagian bawah mata namun sedikit. Belum lagi juga mengotori palette nya sendiri. -__- *sibuk niupin* Warnanya juga gak vibran, harus 3 kali usap baru dapet warna sevibrant yang no eye base. Walaupun ga vibrant, warnanya bisa di build up sesuai keinginan. 😀

My Opinion

Umm, bagi aku yang sudah mulai katam dengan eyeshadow, produk ini termasuk biasa banget. Tanpa eye base produk ini bertahan 4-5 jam dengan catatan enggak kegosok (kucek), kena air, eye lid yang minyakan, dan fenomena alam atau wajah lainnya. Wong kena air aja langsung pecah, digosok langsung bubar. ._.

Tapi kalau pakai eye base, tahannya seharian! Faded sedikit, jelas. Tapi warnanya tetap vibrant, walau gak sevibrant di awal. Mata tetap terlihat cantik. Selama ini sih aku pakai eye base Viva, tapi aku yakin kok pakai eye base lain warnanya juga vibrant. Kemarin sempat pakai BB cream di mata dan warnanya keluar walau enggak tahan lama.

Blush on nya sih gak menor ya di wajahku. Aku agak bingung sebenarnya. Aku ini cool tone dengan kulit tanned. Harusnya sih ya cocok pakai set B ya, tapi pakai set A juga cocok. Aku merasa lebih nyaman dengan blush on shade di set A daripada B. Well, belum coba set B sih, tapi liat warnanya kaya mau lenong kemana aja. Blush on nya buildable, jangan kebanyakan di awal aplikasi blush on ya. Pelan – pelan aja blending nya. 😀

Oh iya, ini beberapa make up look yang aku buat dengan palette 801 ini. Ada daily make up, colorful, dan grunge. 😉

Ps. aku pakai eye base ya

16-10-30-03-22-29-809_deco-small

16-10-30-03-21-34-855_deco-small

16-10-30-03-20-19-124_deco-small

Conclusion

Overall, aku biasa aja sih sama Mukka Kosmetik Eyeshadow and Blush On Palette ini. Aku suka sama warnanya kalem, tapi kurang pigmented bagiku. Bisa diakali dengan eye base dan kuas yang basah sih, cuma aku merasa kurang aja. Agak sedikit mengotori di bawah mata, namun tidak meninggalkan shimmer di area bawah mata yang membuat aku suka sama eyeshadow ini. Jarang ada eyeshadow yang shimmer nya bisa hilang disapu sama bedak.

Aku saranin sih pakai palette ini bagi yang pemula. Yang mau belajar esedoan cocok banget karena eyeshadow nya buildable. Jadi ambilnya sedikit demi sedikit, tau takaranlah intinya. Bagi yang mau mencoba, silakeun berburu! 😀

Product price: IDR 56.000

Source

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
Repurchase?: No

Mukka cosmetic ini termasuk brand yang baru bagiku, tapi ternyata Mukka adalah brand dari Indonesia yang sudah cukup lama beredarnya. Mukka punya beberapa produk seperti lip product, eyeliner, nail polish dan palet nya. Kebetulan aku punya paketnya yan terdiri dari 12 warna eyeshadow dan 4 warna blush-on.                                                                                                                                           Untuk kemasannya sendiri sangat sederhana. Hanya berlapiskan kaca dan terdapat kuas kecilnya di dalam.Untuk produkya sendiri menurutku kurang pigmentasi nya. Hampir tidak ada yang pigmentasinya mendekati medium. Ini Bagus untuk mereka yang ingin memulai belajar makeup. Dengan pigmentasi yang kurang, produk ini juga chalky dan fallout nya lumayan banyak. Jadi pastikan sebelum mengaplikasikan ke mata, harus jatuhkan dulu kelebihan eyeshadownya. Tapi pigmentasi bisa dibantu dengan penggunaan primer mata atau eyebase yang berwarna putih agar warna eyeshadow bisa semakin keluar dengan beberapa kali oles saja.                                                                                           Harga eyeshadow ini tergolong sangat murah, jadi dengan pigmentasi seperti itu dan harganya yang murah bisa dikatakan worth it. Hanya saja eyeshadow ini tidak cocok untuk mereka yang sudah cukup ahli dalam bermakeup.                                                                                                                             Eyeshadow ini cocok untuk pemula, yang ingin coba bermain-main dengan warna eyeshadow atau untuk latihan. Pilihan warnanya banyak dan bisa dipakai sehari-hari. Repurchase? No. Karena aku pribadi mencari eyeshadow dengan pigmentasi di atas Mukka palette ini. Tapi palet yang ini masih bisa banget dipakai untuk latihan di rumah.

Packaging rating
Product rating
Price rating
Summary
Repurchase? NO

About the author

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

REVIEW: ColourPop Ultra Satin Lip

Halo semuanyaaa. Kali ini aku mau berbagi pengalaman