Bibir menjadi salah satu bagian dari wajah yang sangat diperhatikan oleh wanita. Tidak heran jika banyak sekali produk perawatan hingga make up untuk bibir. Warna bibir setiap orang pun berbeda-beda, ada yang berwarna alami merah, pink hingga agak kehitaman. Sebetulnya, warna bibir bisa berubah tiap harinya lantaran dipengaruhi dari kondisi kesehatan tubuh.

Jika bibir pucat, mungkin kamu langsung mengetahui jika pemilik bibir sedang dalam kondisi tidak sehat. Ya, hal ini karena warna bibir mampu memberikan tanda akan kondisi kesehatan. Berikut ini beberapa warna bibir yang berkaitan dengan kondisi kesehatan yang bisa kamu ketahui:

1. Warna putih pucat

Bibir yang berwarna putih pucat memang umum sekali terlihat pada orang yang sedang tidak sehat. Warna bibir putih pucat ini bisa mengindikasikan jika tubuh sedang alami anemia. Anemia sendiri adalah kondisi tubuh saat kekurangan sel darah merah. Jika kamu temukan warna bibir demikian, maka ada baiknya konsumsi makanan dengan kandungan zat besi misalnya brokoli, kacang, merah dan daging merah. Selain tanda anemia, bibir putih pucat juga bisa mengindikasikan adanya masalah di sistem pencernaan.

2. Warna merah terang

Tak dapat dipungkiri jika beberapa orang lahir dengan bibir warna merah terang. Tapi untuk sebagian orang, bibir dengan warna merah terang ini juga justru bisa menandakan gangguan di tubuh. Ketika bibir berwarna merah terang, maka memberikan tanda jika tubuh kamu sedang kelaparan dan butuh makanan ringan sehingga mampu menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Selain itu, bibir berwarna merah terang juga mampu menjadi tanda jika suhu di tubuh terlampau panas. Indikasinya adalah bagian liver dan limpa di tubuh sedang bekerja keras. Untuk bisa mengatasinya, maka istirahatlah yang cukup dan hindari stres. Mentimun dan madu juga menjadi makanan yang bisa membantu menurunkan suhu panas yang terjadi di tubuh.

3. Warna ungu kehijauan

Ketika bibir berwarna ungu dan agak kehijauan, maka kamu harus waspada. Hal ini lantaran ada masalah yang serius pada jantung hingga sistem pernapasan. Jika memang mengalami kondisi ini, ada baiknya langsung konsultasi ke dokter sehingga bisa diketahui benar apa penyakit yang diderita serta penanganan terbaiknya.

4. Warna merah tua

Tidak hanya warna bibir merah terang saja, namun bibir juga bisa berwarna merah tua dimana mampu menandakan adanya gangguan di sistem pencernaan. Di kasus seperti ini, gangguan yang ada di sistem pencernaan umumnya muncul lantaran terlalu banyak mengkonsumsi makanan

yang diolah. Untuk bisa mengatasi masalah ini, maka kamu bisa mulai mengganti konsumsi makanan olahan dengan makanan lembut dan mudah dicerna seperti ubi, tahu, hingga bubur.

5. Warna ungu kehitaman di garis luar bibir

Tidak hanya warna bibir saja yang bisa menandakan masalah pada kesehatan. Namun warna garis pada bagian luar bibir pun bisa menandakan gangguan yang ada di tubuh. Saat garis luar bibir kamu berubah menjadi warna ungu dan seperti kehitaman, maka ada indikasi jika suhu yang ada di dalam tubuh sedang tidak seimbang. Umumnya pada wanita, munculnya kondisi ini adalah di saat menstruasi.

Baca Juga Tahukah Kamu Hal Ini Bisa Menyebabkan Bibir Gelap? Hati-hati Yaa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Cara Melindungi Diri Dari Virus Corona

Inilah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri