jerawat

Salah satu masalah kulit yang paling bikin kesel hampir semua orang adalah jerawat. Tak hanya merusak penampilan, jerawat juga membuat tidak nyaman dan terasa nyeri apalagi saat pecah. Kulit menjadi perih, kemerahan dan bengkak.

Ketika jerawat sudah mulai matang kita harus benar-benar hati-hati, jika tak sengaja tersenggol dan pecah, bakterinya bisa menyebar dan bekas luka jerawatnya nanti akan susah hilangnya. Saat jerawat pecah, ada sejumlah hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Nah berikut ini hal yang perlu kamu lakukan ladies.

Segera Bersihkan luka

Jerawat yang pecah dapat menyebabkan inflamasi dan pendarahan kecil di area kulit tersebut. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah memberihkan luka menggunakan air dingin terlebih dahulu. Pastikan darah sudah berhenti mengalir. Setelah itu bisa basuh wajah dengan face wash yang kandungannya tak membuat iritasi kulit, seperti salicylic acid, glycolic acid, atau benzoyl peroxide.

Jika darah yang keluar cukup banyak dan tidak mau berhenti, kamu bisa mengompresnya dengan tissu wajah atau menggunakan kain hangat untuk menghentikan pendarahannya.

Oleskan Krim Antibiotik

Langkah selanjutnya untuk mencegah infeksi adalah dengan mengoleskan krim antibiotik di luka bekas jerawat. Cukup gunakan di area luka jerawat saja, ya Ladies. Tak perlu sampai berlebihan. Atau kalau tak punya krim antiobiotik, bisa gunakan obat merah atau betadin untuk membuat lukanya sembuh.

Jangan Pencet Jerawat

Ketika jerawat pecah namun belum pecah sempurna kamu pasti greget, rasanya ingin memencet jerawat dengan tangan agar jerawat segera hilang. Tapi jangan pernah lakukan hal ini ladies karena bisa menyebabkan infeksi, bengkak, atau kulit jadi kemerahan. Apalagi kalau tangan kita kotor, bisa-bisa bakteri dan kotoran makin menumpuk dan membuat infeksi serta iritasinya makin perah.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan inflamasi lukan jerawat kamu bisa mengompres bekas luka dengan es batu yang dibalut dengan kain atau plastik. Kompres sekitar 10-15 menit untuk mengatasi peradangan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Menggunakan Kulit Pisang Untuk Mencegah Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang tidak enak dilihat,