Ada banyak alasan mengapa kamu menjadi seorang individu yang ketergantungan dengan pacar untuk segala hal saat berada dalam sebuah hubungan. Ketergantungan bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Memang, di satu sisi, kamu mungkin merasa wajar ketika kamu cinta dengan seseorang dan kemudian menjadi ketergantungan padanya. Namun, sebenarnya, ini adalah sesuatu yang tidak sehat. Apalagi jika kamu dan pasangan sama-sama saling ketergantungan: kamu dan dia sama-sama tidak bisa melakukan segala hal sendirian, tidak bisa membiarkan satu sama lain sendirian, dan harus selalu lekat berada di sisi satu sama lain.

Meskipun ketergantunganmu berbalas, namun kamu dan dia tidak akan pernah benar-benar memiliki hidupmu sendiri. Pada akhirnya, kamu bisa merasa bahwa hidupmu tidak lengkap, dan kamu juga bisa berubah dendam kepada pasanganmu. Hubungan saling ketergantungan membuatmu mengasingkan satu sama lain dalam hidup sehingga tidak akan sehat pada jangka panjang.

Jika kamu dan pasangan saling ketergantungan, maka kamu dan dia perlu mengubahnya. Jangan terus hidp seperti ini. Lakukan hal-hal berikut untuk menghentikan ketergantungan itu.

Bicaralah kepada pasanganmu

Kamu benar-benar butuh mendiskusikan apa yang terjadi. Pasanganmu mungkin tidak menyadari bawha kamu dan dia saling ketergantungan dan itu adalah sebuah hal yang tidak sehat. Karena itu, salah satu di antara kalian harus membahas saling ketergantungan tersebut. Pertama-tama, bicarakan mengenai apa yang terjadi lalu jelaskan mengapa ini adalah hal buruk. Kamu bisa menggunakan ketidakbahagiaanmu sendiri sebagai cara untuk membuatnya benar-benar mendengarkanmu, dan karena banyak orang yang akan menjadi defensif atau berpura-pura ini bukanlah hal yang buruk, kamu harus benar-benar mempersiapkan caramu berbicara.

Buat ia memahami permasalahannya

Ini mungkin adalah hal yang paling susah yang harus kamu lakukan. Jika kamu dan pasanganmu mengalami ketergantungan satu sama lain, maka pasanganmu akan kesulitan melihat mengapa ini jadi masalah. Karena itu, kamu mungkin akan kesulitan membuat pasanganmu menyadari permasalahannya. Lakukanlah yang terbaik yang kamu bisa untuk membicarakan hal-hal ini dan membantu mereka melihat seperti apakah hubungan yang sehat dan bahagia itu seharusnya.

Sepakat untuk bekerja bersama

Kamu harus memahami dan menerima segala hal bersama. Kamu tidak bisa menjadi satu-satunya yang berupaya memperbaiki hubungan ini agar menjadi lebih sehat. Jadi, jika kamu kesulitan membuatnya setuju, maka akan susah untuk memperbaiki ini.

Hubungi teman-teman dan keluargamu

Kamu harus mulai membangun hubungan itu lagi. Jika kamu mengalami saling ketergantungan, kamu mungkin sudah tak lagi berhubungan dengan teman-teman lamamu. Pastikan bahwa mereka tahu bahwa kamu masih di sana dan mau berhubungan dengan mereka. Hanya pahami saja bahwa mereka mungkin aka nagak mendendam kepadamu karena selama ini kamu sudah susah dihubungi. Tapi, sabarlah, karena kamu memang yang selama ini telah membuat kesalahan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Alasan Kenapa Pria Berbohong

Tidak mudah memahami apa yang ada dalam pikiran