Mempunyai berat badan dan bentuk tubuh ideal sudah pasti jadi impian semua wanita. Dan salah satu jalan yang dilakukan adalah dengan berdiet. Dari berbagai cara diet yang diciptakan dan ditawarkan, tentunya kamu pernah mencoba salah satu dari cara tersebut. Tetapi, walaupun sudah mengurangi porsi makan, melewatkan makan siang atau makan malam, bahkan sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat, kelebihan kilo yang membandel tak juga kunjung hilang.

Untuk kamu yang mengalami masalah serupa, mungkin saja masalahnya ada pada pemilihan menu makan siangmu. Makan siang merupakan waktu yang penting bagi tubuh untuk mendapat asupan nutrisi dan tenaga. Dan tiga kesalahan menu makan siang di bawah ini, mungkin saja menjadi penyebab diet menjadi tidak efektif.

1. Porsi Makan tidak Seimbang

Menghilangkan dan menambah porsi makan siang ternyata berakibat buruk bagi tubuh. Karena tubuh memerlukan tenaga untuk beraktifitas, menghilangkan makan siang akan membuat tubuh terbiasa menyerap nutrisi sebanyak-banyaknya dari sarapan untuk disimpan sebagai cadangan makanan tubuh. Inilah yang menjadi timbunan lemak dan membuat berat badan tak kunjung turun. Sedangkan diet yang melewatkan makan pagi atau makan malam juga biasanya membuat nafsu makan jadi tidak terkendali saat makan siang, yang akhirnya juga membuat diet tidak efektif.

Yang terbaik adalah tetap makan siang dengan porsi yang cukup. Tidak terlalu sedikit hingga membuat perutmu keroncongan, tapi juga tidak terlalu banyak sampai kekenyangan. Menyantap makan siang di jam yang sama, juga akan membantu perutmu lebih sehat dan befungsi dengan baik.

2. Kurang Makan Serat

Serat harus menjadi porsi terbesar dalam menu makan siangmu. Bukan berarti menghilangkan asupan karbohidrat atau protein sama sekali, karena tubuh juga memerlukannya agar berenergi. Seharusnya, porsi serat mengisi sekurang-kurangnya 70% dari keseluruhan menu makan siangmu untuk diet yang efektif. Akan lebih baik lagi jika serat yang konsumsi dalam keadaan segar atau tidak dimasak berlebihan, seperti salad sayur dan buah segar dengan dressing minyak zaitun dan tanpa mayonaise. Selain itu buah-buahan dan sayuran segar juga bisa melancarkan pencernaan dan baik untuk meningkatkan metabolisme.

3. Tidak Ada Lemak Sehat

Kalau kamu sengaja menghindari semua makanan yang berlemak, karena takut membuat berat badan semakin bertambah, maka kamu selama ini salah! Ada juga makanan-makanan mengandung lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Contohnya adalah alpukat, keju, ikan salmon, telur, biji chia dan dark chocolate. Malahan, mengkonsumsi makanan tersebut dapat membuatmu kenyang lebih lama dengan porsi yang jauh lebih sedikit daripada makanan berkarbohidrat.

Makan siang dengan menu seimbang akan lebih efektif menjaga berat badan ideal dan juga membuat tubuh membakar lemak dan menjadikannya energi secara alami. Nah, mulai sekarang coba atur menu makan siangmu agar lebih sehat dan seimbang ya?

Baca juga Gak Usah Mati-matian Diet, Turunin Saja Berat Badanmu Pada Waktu Tidur. Cobain Deh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Alamiah Menurunkan Berat Badan yang Sudah Pasti Efektif dan Tak Bahaya

Menurunkan berat badan bisa jadi sebuah perjuangan yang