Setiap orang pasti ingin memiliki umur yang panjang dan hidup bahagia, salah satu usaha untuk mewujudkan umur yang panjang adalah menjaga tubuh agar tetap sehat dengan melakukan berbagai olahraga, mengonsumsi makanan sehat, memenuhi nutrisi dan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan.

Dengan tubuh yang sehat dan bugar, setidaknya kita bisa mengurangi resiko berbagai penyakit yang selalu mengintai. Selain menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, kita juga harus menghindari kebiasaan buruk yang merusak kesehatan salah satunya adalah kebiasaan merokok. Para ahli menemukan bahwa merokok adalah salah satu hal yang bisa membuat umur seseorang menjadi lebih pendek. Jika usia rata-rata seseorang umumnya 70 sampai 80 tahun, mereka yang memiliki kebiasaan merokok hanya akan memiliki usia rata-rata 50 – 60 tahun.

Tak hanya itu, peneliti lain dari National Cancer Institute di Maryland Amerika juga menemukan bahwa kebiasaan merokok bisa memperpendek umur seseorang hingga 33,1 persen. Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sangat buruk. Dalam sebatang rokok, ditemukan ribuan zat aktif di dalamnya. Zat aktif inilah yang nantinya akan membuat bakteri serta kuman bersarang di mulut, saluran pernafasan hingga organ penting tubuh lainnya. Bagi perokok yang telah berusia lebih dari 50 tahun, ia dikatakan memiliki risiko meninggal lebih cepat 3 sampai 4 kali dari mereka yang sama sekali tak pernah merokok. Merokok juga disebut-sebut sebagai kebiasaan yang dapat meningkatkan resiko penyakit paru-paru , jantung, kanker dan resiko keguguran bagi ibu hamil, seperti yang kita ketahui bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit mematikan di dunia.

Merokok itu tidak hanya berbahaya untuk diri sendiri saja, tapi juga untuk orang-orang yang ada disekitar kita. Perokok pasif memiliki resiko lebih tinggi dibanding perokok aktif. Menyeramkan sekali bukan, kita kamu menyayangi diri sendiri dan orang yang ada disekitarmu maka segera hentikanlah kebiasaan merokok itu. Memang berhenti merokok itu bukan hal yang mudah, tapi kamu bisa mencobanya secara bertahap.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Beberapa Taktik Diet yang Bikin Jadwal BAB-mu jadi Berantakan

Merasa aneh karena akhir-akhir ini BAB-mu tidak seperti