Tidur tentu menjadi kebutuhan untuk semua manusia. Dengan tidur, maka tubuh akan bisa beristirahat setelah menjalani aktivitas yang berat selama seharian. Jika kamu sering tidur dengan mendengkur maka bukan hanya menganggu saja, tapi ternyata ini bisa jadi tanda bahwa kesehatan terganggu. Untuk itu waspadai dengkuranmu saat tidur.

1. Gangguan fungsi otak

Informasi kesehatan menjelaskan jika ada penelitian terkait hasil pencitraan otak yang memiliki kerusakan di orang yang terbiasa mendengkur. Orang tersebut memiliki kebiasaan mendengkur yang berkepanjangan dan ternyata bisa mengalami kerusakan otak permanen. Contoh kerusakan otak yang permanen misalnya pikun yakni dengan daya ingat buruk serta emosi yang tidak stabil. Hal ini karena otak mengalami gangguan dan tidak bisa kontrol daya ingat, emosi hingga tekanan darah.

2. Diabetes

Masalah kesehatan lainnya yang bisa muncul yakni diabetes. Alasannya adalah karena kebiasaan mendengkur pun mampu mengganggu metabolisme yang ada di tubuh. Saat metabolismenya kacau, maka proses pemecahan glukosa tidak bisa berlangsung dengan baik sehingga menjadikan tubuh lebih resisten pada hormon insulin. Inilah sebabnya yang bisa menjaidkan diabetes muncul.

3. Tekanan darah tinggi

Beragam tips kesehatan tentu sudah diikuti, tapi ternyata tidur masih tetap mendengkur? Ternyata mendengkur juga bisa jadi tanda dan pemicu adanya tekanan darah tinggi. mendengkur sama juga dengan memberi tekanan tinggi ke saluran pernapasan. Apabila hal ini terus terjadi sampai jangka panjang, maka kondisi ini pun akan bisa memacu tekanan darah yang meningkat. Penderita hipertensi pun juga rentan sekali dengan kebiasaan mendengkur ini.

4. Stroke

Selain bisa meningkatkan tekanan darah, mendengkur pun bisa jadi sebab masalah kesehatan lain yakni stroke. Stroke sendiri saat ini seolah sudah menjadi penyakit yang kerapkali diderita. Hubungan stroke dengan mendengkur adalah karena mendengkur tiap malam bisa memicu penyumbatan yang ada di pembuluh darah. Apabila hal ini terus menerus berlangsung, maka akan bisa sebabkan darah kental dan pembuluh darah yang ada di otak pun tersumbat sehingga bisa berujung pada stroke.

5. Serangan jantung

Penyakit serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang amat mengkhawatirkan dan ditakuti banyak orang. Mendengkur ketika tidur pun bisa akibatkan detak pada jantung menjadi tak beraturan dan kadang disertai dengan mimpi buruk serta mengigau. Kondisi ini pun ternyata bisa memicu serangan jantun mendadak. Dari informasi kesehatan yang dihimpun, ternyata kebiasaan mendengkur ketika tidak diatasi dengan cepat maka bisa menjadikan jantung bengkak di salah satu sisi dinding sehingga kurangi kemampuannya untuk memompa jantung yang menjadi sebab jantung koroner.

6. Depresi

Kebiasaan mendengkur pun bisa terjadi saat kamu depresi. Saat seseorang mendengkur, maka ada syaraf di sekitar kepala dan juga sistem pernapasan yang tidak lancar. Hal ini pun diperkirakan bisa berpengaruh di kondisi kesehatan mental dan juga perubahan psikologis bertahap. Jadi, jika kamu memang memiliki kebiasaan mendengkur, maka ada baiknya kamu konsultasikan hal ini pada dokter. Tentu menjaga diri sebelum efek lain muncul lebih baik adanya bukan?

Baca Juga Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Bisa Jadi Karena Ini Nih Alasannya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Saran Memang Boleh Jadi Pemasukan, Tapi Jangan Langsung Percaya Saran Penata Rambut di Salon. Inilah Faktanya

Berdiskusi dengan penata rambut di salon tentu sudah