olahraga

 

Banyak wanita yang merasakan nyeri setelah melakukan olahraga, tapi beberapa orang percaya dengan rasa nyeri atau kaku pada otot dianggap bagus karena rasa nyeri menandakan otot-otot yang bekerja optimal saat berolahraga, padahal rasa nyeri ini kerap menganggu aktifitas sehari-hari karena dengan otot-otot yang nyeri tubuh tidak bisa bergerak secara maksimal.

 

Menurut deherba.com Rasa sakit setelah berolahraga disebut sebagai Serangan Nyeri Otot yang Tertunda (DOMS—Delayed Onset Muscle Soreness). Ketika otot harus bekerja lebih keras atau dengan cara yang berbeda dari biasanya, diyakini dapat menyebabkan kerusakan mikroskopis pada serat otot. Akibatnya, otot terasa kaku dan nyeri ketika digerakkan. Tidak jarang, asam laktat yang terbentuk saat berolahraga dituding sebagai penyebab DOMS. Padahal, asam laktat tidak terlibat dalam proses timbulnya DOMS.

 

Nah untuk meredakan rasa nyeri pasca olahraga kamu bisa lakukan tiga cara yang dilansir oleh vemale.

 

  • Es Batu. Jika sakit pada otot sudah tak tertahankan hingga sulit dibuat berjalan, ada baiknya jika Anda beristirahat dari berolahraga selama beberapa hari. Sakit yang sangat pada otot merupakan sinyal dari tubuh bahwa Anda perlu berhenti dulu. Istirahat dari olahraga berat akan memberikan waktu pada otot untuk memulihkan diri. Agar rasa sakitnya sedikit mereda, Anda bisa mengompres bagian yang sakit dengan es batu yang dibungkus kain, dalam 72 jam pertama setelah beraktivitas. Setelah itu ganti dengan kantung air panas untuk menghangatkan otot agar lebih rileks.

 

  • Kopi. Mengonsumsi kopi sebelum berolahraga bisa meminimalisir nyeri otot setelahnya. Selain itu, kopi juga membantu memaksimalkan pembakaran kalori saat berolahraga karena adanya peningkatan energi. Perlu diingat, minumlah kopi hitam tanpa gula, atau tanpa tambahan krimer dan bahan-bahan lainnya yang bisa membuat sesi olahraga yang Anda lakukan jadi sia-sia.

 

  • Pijat. Pijat adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan nyeri pada otot, sekaligus membuat tubuh lebih rileks. Pijatan intens setelah berolahraga akan meningkatkan peredaran darah ke otot dan mempercepat pemulihan dari otot-otot yang kaku, yang mengakibatkan rasa sakit.

 

Nah itulah beberapa tips yang bsia kamu lakukan untuk meredakan otot yang nyeri agar tidak terjadi masalah yang lebih berat lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hindari Kesalahan Ini Saat Memasak Telur Untuk Menjaga Vitaminnya

Telur, Makanan rakyat dengan harga murah tetapi lezat.