tidur

Bangun tidur dipagi hari seharusnya membuat tubuh terasa segar, pikiran masih jernih dan semangat untuk beraktifitas karena sudah beristirahat semalaman setelah beraktifitas seharian kemarin, tapi terkadang bukannya tubuh terasa segar saat bangun di pagi hari tapi malah kepala terasa pusing.

Kok bisa yaa, tapi kenyatannya tak sedikit orang mengalami hal ini, bukannya semangat bekerja ini malah ingin tidur lagi karena terasa pusing kan ? Biasanya tak hanya kepala yang terasa pusing tapi badan juga terasa pegal-pegal dan lelah sekali. Sebelum berpikir yang tidak-tidak mengenai masalah ini sebaiknya cari tau terlebih dahulu faktanya ladies, sebenarnya pusing saat bangun di pagi hari bisa disebabkan oleh berbagai faktor tergantung kebiasan yang kita lakukan. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab pusing saat bangun tidur, dikutip dari vemale.com beriku ini mungkin bisa jadi penyebabnya.
Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)
Sakit kepala tegang (tension headache) ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum dialami orang dewasa. Bisa muncul secara periodik atau bahkan hampir setiap hari. Seperti yang dilansir oleh doctorshealthpress.com, penyebabnya bisa berasal dari stres, depresi, dan rasa gelisah/cemas. Tak heran jika tension headache ini juga disebut stress headache. Rasa sakitnya bisa terasa amat parah di pagi hari saat baru bangun tidur.


Rasa sakit kepala ini biasanya juga disertai dengan kulit kepala, otot leher, atau otot bahu yang terasa nyeri atau tegang. Sakit kepala tegang sering disalahartikan sebagai migrain. Hanya saja untuk membedakannya, sakit kepala tegang ini biasanya tak disertai dengan rasa mual atau rasa sensitif berlebih pada cahaya dan suara.

Insomnia
Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada tekanan darah, produksi hormon, rasa cemas, stres, dan elemen lain dalam tubuh. Dan semua itu bisa menyebabkan sakit kepala. Kurang tidur atau mengalami insomnia bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun di pagi hari. Sakit kepalanya umumnya ditandai dengan kepala yang terasa berat dan cenut-cenut.

Salah Posisi Tidur
Posisi tidur yang tidak pas selain bisa bikin otot nyeri juga bisa menyebabkan sakit kepala. Karena leher dan bahu mendapat tekanan selama berjam-jam saat tidur, maka saat bangun di pagi hari, kepala jadi terasa pusing. Aliran darah tak mengalir dengan baik saat kita tidur dengan posisi yang tak pas.

Gula Darah Rendah
Tidur selama enam hingga delapan jam bisa membuat gula darah menurun. Bagi penderita diabetes, kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala hipoglisemik (hypoglycemic headache) di malam hari atau saat bangun di pagi hari. Penderita migrain juga menyebutkan rasa lapar dan rendahnya gula darah sebagai penyebab pusing saat bangun tidur.

Gigi Gemeretak Saat Tidur
Punya kebiasaan menggemeretakkan gigi saat tidur? Saat kamu menggemeretakkan gigi saat tidur, getarannya bisa mencapai tengkorak kepala dan mempengaruhi kondisi otot bahu, leher, dan kepala. Akibatnya bisa membuat kita pusing saat bangun di pagi hari.

Penyebab sakit kepala saat bangun di pagi hari memang sangat beragam. Meski begitu, kamu pun bisa melakukan sejumlah tindakan pencegahannya. Beberapa di antaranya adalah minum air putih sebelum tidur (bisa satu jam sebelum tidur), melakukan olahraga ringan yang rutin, dan memperbaiki postur tubuh saat tidur.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yakin Semua yang Kamu Pelajari Benar? Beberapa Fakta Pengetahuan Umum Ini Mungkin Akan Menejutkanmu

Jika kamu memikirkan kembali segala yang kamu pelajari