994e2479-54af-4a57-a892-d708bc71f515

Kebanyakan wanita sering merasa kurang nyaman dalam berakitifitas saat datang bulan tiba, jangankan untuk bergerak kesana-kesini, untuk posisi duduk saat istirahat saja rasanya sangat tidak nyaman. Rasa kram perut dan takut bocor juga membuat wanita kerap cemas bahkan tidak bisa tidur semalaman.

Untuk mengatasi rasa kurang nyaman saat istirahat atau tidur ketika menstruasi itu sebenarnya tidak sulit ladies. Para pakar kesehatan menyarankan bagi wanita yang sedang menstruasi untuk tidur dengan posisi meringkuk seperti janin dalam kandungan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa kram dan membuat kamu lebih nyaman beristirahat.

“Tidur dengan posisi seperti janin mengurangi tekanan pada otot-otot bagian perut,” jelas Lisa Lindley, M.D. selaku ginekolog Eisenhower Women’s Health kepada Glamour.

Seorang ahli yang lain juga mengungkapkan saran yang serupa, menurut Jennifer Wider, M.D. ika banyak wanita merasakan manfaatkan dari tidur dengan posisi tersebut. Jennifer menjelaskan bahwa meringkuk dapat merelaksasi otot rangka di sekitar perut dan mengurangi tegangan sehingga meminimalisir rasa kram dan nyeri.

Tak hanya itu, tim peneliti untuk aplikasi menstruasi Clue juga telah membuktikan efek positif posisi meringkuk saat datang bulan. Saat dua kaki ditempelkan ketika istirahat ternyata membuat cairan menstruasi tidak rentan bocor sepanjang malam.

Selain posisi meringkuk, kamu juga disarankan untuk menghindari posisi tengkurap. Jennifer mengungkapkan jika menindih perut bisa menekan uterus sehingga darah yang keluar semakin banyak. Dengan begitu, tentu saja kesempatan terjadinya kebocoran atau tembus jadi lebih meningkat.

Cara lain yang bisa membuat istirahatmu menjadi lebih nyaman adalah dengan bantuan obat. Beberapa hari sebelum datangnya menstruasi, konsumsi ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi rasa nyeri di perut. Bisa juga dengan mandi atau merendam sebelum tidur, menggunakan produk-produk beraroma lavender, tidur dengan heating pad, atau merenggangkan badan.

Baca juga Yakin Posisi Tidar Kamu Udah Benar? Ketahuilah Dampak Dari Posisi Tidur Ini Sebelum Kamu Menyesal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Kenapa Oat adalah Sarapan Terbaik

Sekarang ini kehidupan sangat sibuk, kita bangun jam