1-introJika keluhan karena uang di rekeningmu sudah menipis sebelum tanggal tua sering terjadi, kamu tidak sendiri, mengelola pendapatan dan keuangan bulanan memang tidak semudah kita membicarakannya. Namun, bukan tidak mungkin keuanganmu akan dapat terkelola dengan baik jika strategi-strategi di bawah ini kamu lakukan dengan konsisten, hitung-hitung dapat menambah penghasilanmu selain dari gaji bulanan saja. Mau tau apa saja strateginya? Yuk, simak!

Deposito

Jika gaji bulananmu tersisa setelah kamu bagi ke dalam pos-pos bulanan, cobalah untuk menginvestasi sebagian uang tersebut ke dalam instrument keuangan yang memberikan penghasilan rutin tiap bulan, deposito misal.

Berbisnis

Jika pendapatanmu lebih dari cukup dari pengeluaran rutinmu sebulan, cobalah untuk berinvestasi pada sebuah bisnis, misalnya bisnis garmen, kuliner, atau bisnis yang sesuai dengan minatmu. Setiap bulan kamu akan mendapatkan omset dari bisnismu tersebut. Lumayan kan? Hitung-hitung untuk menambah tabunganmu setiap bulan.

Memanfaatkan Harta

Jika kamu memiliki sebidang tanah yang menganggur, kamu bisa mencari investor yang berminat untuk membuat usaha di atasnya, seperti usaha warung makan, usaha restoran, toko, sampai indekos. Kamu akan mendapat keuntungan juga setelah laba dibagi untuk kamu dan investor sesuai kesepakatan di awal. Hal yang kamu lakukan ini merupakan pemanfaatan harta yang dimiliki menjadi harta aktif.

Dana Cadangan

Seberapa banyak pendapatan atau pengeluaranmu sebulan, usahakan untuk tetap menyisihkan gaji bulananmu sebagai dana cadangan untuk keperluan tabungan dan investasi di masa depan.  Siapapun tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu selalu menyiapkan dana cadangan tiap bulan untuk keperluan yang tidak terduga.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Minyak Memasak Paling Sehat Yang Akan Menjaga Kesehatan Kamu

Sekarang ini memang banyak sekali jenis minyak goreng,