Olahraga sudah menjadi aktivitas yang wajib sekali dilakukan oleh semua orang. Hal ini lantaran menilik dari manfaat olahraga yang begitu besarnya untuk tubuh baik di jangka pendek hingga jangka panjangnya. Salah satu tujuan olahraga yang tidak akan bisa dilepaskan dari wanita adalah untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

 

Namun, terkadang ada pejuang diet yang kerapkali mengeluh dimana menyatakan sudah rajin melakukan olahraga tapi berat badan stuck di angka tersebut. Tentunya ini menjadikan kamu pun akhirnya down karena berat badan tak turun juga ke angka yang kamu harapkan. Jangan menyerah dulu, ada kemungkinan jika kamu melakukan kesalahan ketika olahraga lho. Simak penjelasan berikut ini yuk.

 

Terlalu banyak latihan kardio

Lho, bukannya latihan kardio itu bagus sekali untuk diet? Memang pernyataan tersebut benar. Bahkan bukan hanya untuk diet karena kardio sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme dan pastinya bisa turunkan berat badan. Tapi kamu salah jika makin banyak kardio maka manfaat makin kamu rasakan. Ini karena jika kamu memaksakan diri dalam latihan kardio maka otot akan tergerus lho. Hal ini pun kemudian akan menjadikan tubuh merespon dengan menjadikan lemak tersimpan untuk persediaan energi.

 

Olahraga dengan jangka waktu terlalu lama

Kamu pasti pernah dengar jika segala sesuatu yang berlebihan pastilah memberikan efek yang tidak baik. Ini benar adanya lho. Saat kamu berolahraga, maka tubuh akan keluarkan hormon stres atau biasa disebut hormon kortisol. Hormon ini memiliki manfaat agar tubuh berenergi dan menjadikan otot bergerak aktif. Tapi, ketika kamu berolahraga terlalu lama maka hormon kortisol akan memberi dampak sebaliknya dimana bisa memicu tumpukan lemak timbul di berbagai area tubuh yang tak kamu inginkan.

 

Kurang istirahat usai berolahraga

Istirahat sangat penting agar stamina bisa kembali pulih, apalagi setelah kamu berolahraga. Untuk itu, istirahat sangatlah penting kamu lakukan. Ketika waktu istirahat ini, tubuh akan membakar lemak sehingga mampu mendukung turunnya berat badan. Itulah mengapa dokter selalu menyarankan cukupi waktu istirahat. Dengan istirahat cukup, maka tenaga pun akan bisa terkumpul untuk menjalankan aktivitas kembali dan pastinya olahraga lagi dong.

 

Kurangnya waktu berolahraga

Jika berlebihan dalam berolahraga itu tidak baik, maka kamu juga wajib tahu jika waktu olahragamu sedikit pun tidak bagus lho. Ini karena malas berolahraga akan menjadikan tubuh pun sulit membakar lemak. Jadi, jangan sampai malas melakukan olahraga ya.

 

Dari semua penjelasan tersebut, bisa diambil kesimpulan jika olahraga haruslah dengan waktu dan kondisi yang tepat dimana saat kondisi sedang sehat dan pastinya tidak berlebihan. Maksimalkan waktu olahraga dimana bisa dilakukan secara efektif dan juga seimbang. Olahraag yang baik bisa dilakukan dengan setidaknya waktu aktif selama 30 menit. Lakukan setidaknya 3 kali seminggu atau juga dengan total waktu 150 menit seminggu.

 

Selain olahraga, ada juga faktor lainnya yang bisa mempengaruhi penurunan berat badan yakni pola makan yang kamu lakukan. Jangan sampai kamu olahraga rajin tapi makan junk food juga rajin. Semuanya harus dilakukan dengan seimbang dong.

 

Baca Juga:

Ini Beberapa Olahraga Simple Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Wajib Tahu! Inilah Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Tepat Untuk Wanita

Mengenal Perbedaan Olahraga Aerobik, Zumba dan Body Language

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Nggak Disangka! Rempah Berikut Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badanmu Lho

Bentuk tubuh bak model seolah menjadi standar kecantikan