Semua orang pasti tahu bahwa kita seharusnya minum 8 gelas air putih setiap harinya. Hal ini bahkan sudah dijelaskan sejak di bangku sekolah. Namun masalahnya, kita kerap kali tidak mengikuti aturan tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti aturan tersebut demi menjaga kesehatan, ini caranya.

1. Bawa botol minum dimana pun dan kapanpun

Tentu saja tidak sekedar botol minum kosong, namun berisi air putih. Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa minum dimana pun dan kapanpun kamu mau. Kamu juga bisa mengisi ulang botol minum tersebut ketika botol air minum sudah kosong.

Kadang kala alasan kenapa kamu tidak minum air putih bukan karena tidak ada air untuk diminum, namun malas mengambil air minum. Itulah kenapa membawa botol air minum kemanapun bisa menjadi salah satu solusi.

2. Pasang alarm

Salah satu alasan kamu sering meninggalkan aktivitas minum air putih adalah karena terlalu sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan yang kamu lakukan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan alarm yang terdapat pada ponsel pintarmu dan menyetting alarm agar kamu selalu ingat untuk minum air putih.

3. Pasang aplikasi

Kalau kamu malas untuk pasang alarm di ponsel pintar, kamu bisa mendownload beberapa aplikasi yang bisa membantumu untuk mengingkan diri minum air putih. Beberapa aplikasi dibuat sedemikian rupa hingga menarik dan membuatmu tidak malas untuk membukanya.

4. Tambahkan buah-buahan sebagai infuse water

Minum air putih kadang kala terasa membosankan karena rasanya hanya begitu saja. Untuk menyiasatinya kamu bisa menambahkan potongan buah dan membuatnya menjadi infuse water. Kamu bisa memilih lemon, timun, strawberry, daun mint atau semangka sebagai alternatif buah untuk infuse watermu.

5. Tuliskan memo

Tidak bisa dipungkiri bahwa lupa adalah salah satu alasan kenapa kamu tidak minum air putih. Selain memasang alarm ataupun aplikasi, kamu juga bisa menambahkan memo untuk minum air putih di tempat-tempat yang strategis. Misalnya di kotak makanmu, di laptop, setiap 5 lembar halaman buku yang kamu baca dan lain sebagainya.

6. Kurangi minum minuman manis

Jika kamu sudah minum minuman manis, maka kamu akan malam minum air putih. Hal ini dikarenakan rasa yang ditawarkan oleh minuman manis lebih menggoda. Selain itu jika kamu sudah minum minuman manis, maka rasa hausmu sudah terobati. Pun lambungmu sudah terisi, sehingga kamu jadi malas untuk meminum air putih.

7. Whiteboard pengingat

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menempelkan whitboard pengingat di kulkas atau ruang makanmu. Dengan adanya whiteboard ini diharapkan kamu dapat membacanya saat akan makan atau membuka kulkas. Kamu pun akan berusaha memilih air putih dibanding minuman lainnya.

Ada banyak cara kan untuk mengingatkan diri sendiri minum air putih? Mulai sekarang tanamkan tekad dan niat dalam diri sendiri untuk rutin minum 8 gelas air putih setiap hari ya. Selain bagus untuk kesehatan, minum air putih secara rutin dan teratur bisa membantu menurunkan berat badanmu lho.

Baca Juga Air Putih atau Jus Buah ? Mana yang Lebih Baik?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat