Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Saat ini tren rambut sudah berkembang dengan sangat pesat. Salah satu gaya rambut yang dari dulu sampai saat ini seolah tidak pernah ada matinya adalah mewarnai rambut. Pewarnaan rambut pun kini sudah berkembang dengan sangat variatif.

Meski mewarnai rambut menjadikan rambut terlihat keren dan penampilan cenderung berubah, jangan lupa jika bahan kimia yang ada di rambut berpotensi untuk bisa merusak rambut. Usai pewarnaan rambut, tentu kamu ingin rambut kamu kembali sehat seperti semula bukan? Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu tahu.

1. Cat rambut harus berpigmentasi tinggi

Pemilihan cat rambut sebetulnya menjadi langkah awal bagaimana kamu bisa menjaga rambutmu. Ada baiknya jika kamu memilih warna cat yang memiliki pigmentasi tinggi dan proses yang tak terlalu ekstrim pada rambut. Misalnya saja warna merah yang cenderung sulit dalam menembus warna asli dari rambut. Alasannya adalah karena molekulnya lebih besar. Kamu juga direkomendasikan untuk menggunakan pewarna rambut bebas amonia sehingga kerusakan pada rambut tidak terlalu parah.

2. Selalu pakai conditioner

Jika rambut kamu masih dalam kondisi diwarnai, maka conditioner adalah hal yang tak bisa kamu lepaskan. Namun usai pewarnaan rambut selesai pun conditioner ini tetap wajib kamu pakai. Tujuannya adalah agar rambut tetap lembab dan warna dari pigmen rambut tidak hilang. Bagi rambut kamu yang masih berwarna, usahakan untuk memilih conditioner yang memang dibuat secara khusus untuk rambut yang diwarnai.

3. Hindari keramas

Usai mewarnai rambut, biasanya kamu tidak diperkenankan untuk keramas atau mencuci rambut setidaknya selama 2 hari sehingga warna dari catnya bisa terserap sampai ke dalam. Untuk itu, ada baiknya hindari mencuci rambut dalam masa 2 hari tersebut. Alangkah lebih baik lagi jika kamu tidak mencucinya sampai 4 hari lamanya sehingga warna yang dicat ke rambut bisa benar-benar masuk. Jika memang kamu merasa gatal dan tak nyaman, maka ada opsi menggunakan dry shampoo lho.

4. Kurangi memakai shampo

Perlu diketahui jika shampo bisa melunturkan warna dari cat rambut dengan lebih cepat. Untuk itu ada baiknya kamu kurangi kebiasaan dalam mewarnai rambut dan pakai saja kondisioner di ujung rambut. Apabila kamu merasa gatal dan tak nyaman, maka pakai shampo usai penggunaan kondisioner, jadi urutannya dibalik. Dengan cara ini maka rambut akan bisa lebih terlindung karena adanya kandungan minyak di kondisioner sehingga dari segi warna pun tak luntur. Kutikula yang ada di rambut pun bisa lebih terlindungi.

5. Sering lakukan perawatan rambut

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lembut, tentunya kamu membutuhkan perawatan yang ekstra pada rambutmu. Kamu bisa memakai leave in conditioner. Produk yang satu ini mirip dengan dry shampoo, tapi tipenya adalah conditioner. Dengan menggunakan leave in conditioner, maka kamu bisa melindungi rambut juga dari aktivitas catok, hair dryer sampai alat pengeriting rambut lho. Menambahkan minyak rambut yang khusus bagi rambut diwarnai juga bisa dilajukan. Dengan cara ini maka rambut akan terlihat lebih bercahaya. Caranya pun tinggal dioles saja ke seluruh rambut dan tutup shower cap sebelum dibilas.

Baca Juga :

Wajib Baca Bagi Kamu Yang Sudah Mulai Bosan Dengan Pasangan

Diet Mudah Dan Sehat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Cantik Ala Margot Robbie Yang Bisa Kamu Tiru

Jika kamu pecinta film Suicide Squade, maka kamu