Semua orang membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mengistirahatkan tubuhnya dari semua aktifitas termasuk aktifitas yang dilakukan organ tubuh agar tubuh tetap sehat. Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda tergantung pada kesibukan sehari-hari dan kondisi tubuhnya.

Tapi rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan semua orang adalah 6 sampai 7 jam setiap harinya. Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, tidur juga sangat penting untuk menjaga pikiran dan jiwa agar tetap normal. Pernahkah kamu mendengar tentang seseorang yang stres dan depresi akibat tekanan pikiran dan sulit tidur ? Nah itulah salah satu contohnya.

Tapi masalah sulit tidur masih sering di alami oleh beberapa orang, jika sudah mengalami insomnia, resiko masalah kesehatan sangat tinggi. Nah berikut ini beberap car yang harus kamu lakukan agar mudah tidur saat mengalami insomnia seperti yang dikutip dari vemale.com.

  • Tarik Nafas, Buang Pelan-Pelan Lalu Konsentrasi

    bangun-tidur

     

    Sebelum tidur usahakan untuk menarik nafas dalam-dalam dengan pelan, membuangnya pelan-pelan lalu konsentrasi buat tidur. Usahakan untuk tenangkan pikiran dan buat diri kamu senyaman mungkin. Dengan pikiran yang tenang dan nyaman, dipastikan bahwa kamu akan tidur dengan berkualitas dan mengesankan.

  • Berbaring Terlentang atau Miring Kanan

    tidur

    Menurut Charles Linden, seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa tidur terlentang atau miring ke kanan adalah posisi yang baik agar kamu bisa tidur dengan nyaman, tenang serta berkualitas. Dikutip dari laman mirror.co.uk, posisi tidur yang nyaman akan senantiasa membuat seseorang dapatkan tidur yang berkualitas dan cukup.

  • Gunakan Pakaian Longgar

    1460487059-white-tshirts

     

    Agar tidur semakin nyaman, nyenyak dan berkualitas serta mudah, usahakan untuk mengenakan pakaian yang longgar. Tapi ingat, ketika kamu mengenakan pakaian longgar, pastikan bahwa tubuh kamu juga hangat dan nyaman. Tidur dengan pakaian sempit biasanya akan membuat dada sesak dan sistem pernafasan tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan susahnya tidur.

  • Pejamkan Mata dan Buang Pikiran Stres

    630x363-cara-tidur-ini-terbukti-bikin-cantik

    Pejamkan mata secara pelan-pelan dan buang jauh segala pikiran stres yang membuat kamu merasa cemas, khawatir maupun takut. Bila masih merasa cemas dan khawatir, kamu bisa tidur dengan menyalakan musik pengantar tidur, menghirup wewangian aroma terapi yang memudahkan kamu tertidur atau tidurlah bersama seseorang yang benar-benar kamu percaya akan menjaga kamu selama tertidur. Selama kamu merasa aman dan nyaman, hal ini akan membuat kamu lebih mudah tertidur dan istirahat.

  • Pastikan Tempat Tidur Bersih Lagi Nyaman

    tidur

    Pastikan bahwa tempat tidur yang kamu tempati bersih lagi nyaman. Tak hanya membuat tidur semakin mudah dan nyenyak, tempat tidur yang bersih dan nyaman juga akan membuat tidur semakin berkualitas dan mengesankan. Ini juga memungkinkan kamu memiliki fisik serta psikis yang lebih sehat. Idealnya, sprei kamar tidur diganti setiap 1 minggu sekali, begitu juga dengan sarung bantal dan guling di tempat tidur.

  • Miliki Pola Hidup Sehat

    cara-diet-sehat-yang-disarankan

    Pastikan bahwa kamu memiliki pola hidup yang sehat ketika kamu ingin memiliki tidur yang cukup setiap harinya. Konsumsi buah dan sayur cukup, olahraga cukup, minum air putih cukup dan jauhi segala hal yang membuatmu stres serta sakit. Dengan memiliki pola hidup yang sehat, dipastikan ini akan membuat fisik dan psikis kamu juga semakin sehat dan tidur pun semakin mudah untuk dilakukan.

Baca juga Siapa Bilang Saat Datang Bulan Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Mari Buktikan Teori Ini Salah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan