Kamu mungkin pernah mendengar istilah “gemuk air” tetapi apa maksudnya itu? Tubuh kita terdiri dari 60 hingga 70 persen air, karena itu, tak perlu heran jika berat badan air ini mempengaruhi tubuhmu.. mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu atau kurang konsumsi makanan-makanan lain bisa menyebabkan tubuhmu jadi menyerap air ekstra, dan karena itu, tubuhmu jadi nampak gendut dan atau kembung. Untuk mengurangi berat badan air ini, kamu harus rajin-rajin mengonsumsi antoksidan. Jika kamu merasa bahwa berat badanmu belum turun-turun juga meskipun sudah makan banyak antioksidan, bisa jadi ini dikarenakan hal-hal berikut.

Digital Bathroom Scale Displaying OMG Message

Kamu makan teralu banyak garam

Pernahkah kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan siap saji dan kemudian merasa bahwa tubuhmu membengkak? Ini dikarenakan peningkatan retensi air di tubuhmu karena kamu makan banyak garam. Buat orang-orang yang terlalu banyak makan sodium secara teratur, efek ini bahkan bisa tahan lama. Sodium memainkan peranan yang sangaat penting daalam menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Berdasarkan studi, pria yang mengonsumsi diet tinggi garam mengalami peningkatan berat badan lebih besar daripada yang mengadopsi diet rendah garam. Karena itu, kamu harus menjaga keseimbangan di aliran darah dengan tidak kebanyakan makan garam. Semakin tinggi garam di tubuhmu, maka darahmu juga butuh volume air lebih besar untuk menjaga homeostasis atau keseimbangan mikronutrien pada darahmu. Karena ini jugalah sodium tinggi bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Kebanyakan makan karbohidrat

Gula dan karbohidrat juga ternyata pemicu retensi air yang membuat berat badan air di tubuh jadi meningkat. Ketika kamu mengonsumsi karbohidrat, karbohidrat ini diubah menjadi glikogen, yang kemudian disimpan di otot sebagai energi. Untuk setiap gram dari glikogen yang disimpan, tubuhmu jadi menahan sekitar tiga kali lipat lebih banyak air. Dan 120 gram glikogen berkontribusi menjadi satu kilo berat badan air. Kecuali kamu membakar segala penyimpanan karbohidrat ini seperti atlet elit, maka kamu akan jadi gendut air secara berkepanjangan bahkan permanen.

Kamu diet aneh-aneh

Meskipun kamu tidak boleh mengonsumsi kebanyakan karbohidrat atau gula, kammu juga tidak boleh menghilangkannya sama sekali. Kamu memang bisa mengurangi berat badan air dengan cepat ketika tubuhmu membakar simpanan karbohidrat tersebut. Tetapi, kamu tidak akan bisa mempertahankan pengurangan berat badan tersebut. Ketika kamu makan seperti biasa lagi, maka simpanan glikogennya akan diisi kembali, dan bahkan bisa jadi lebih besar dari biasanya!

Kamu terlalu banyak duduk

Jika kamu tidak beraktivitas fisik, maka berat badan airmu bisa terus bertambah. Karena itu, kamu harus bergerak agar darah dan cairan tidak menumpuk di salah satu area, sehingga kamu mengalami bengkak pada kaki atau anggota tubuhmu yang lain.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Flu

Di musim yang sangat tidak menentu seperti saat