Menjalin sebuah hubungan dengan seseorang yang dicintai tentu adalah hal yang membahagiakan. Meski demikian cerita cinta bukan hanya soal bahagia saja karena banyak juga cerita perihnya. Sedih, kecewa, terluka, sampai kegagalan dalam hubungan mungkin pernah kamu rasakan.

Terkadang jika kekecewaan ini sudah berulang kali kamu alami, maka bisa menimbulkan trauma tersendiri dan bahkan menganggap jika semua pria akan lakukan hal sama padamu. Namun, sudah sepantasnya kini kamu berpikir lebih dewasa sehingga bisa tetap mendapatkan rasa bahagia. Meski kamu pernah terluka, namun ini tanda jika kamu sebetulnya sudah siap untuk memulai hubungan baru.

1. Ingatan akan mantan sudah mulai memudar

Melupakan mantan tentu menjadi hal yang amat sangat berat. Kamu tak harus melupakan orangnya, tapi lupakan semua kenangan indah dan pahit saat bersamanya. Dirinya sudah tidak menjadi bagian dari hidupmu lagi saat ini sehingga untuk apa kamu ingat lagi bukan? Dengan kegagalan yang pernah kamu alami dengannya, maka kamu pun akan bisa belajar untuk introspeksi diri dan menjadi pribadi lebih baik lagi bagi pasanganmu kelak.

2. Kamu sudah mampu maafkan masa lalu

Jangan terperangkap dalam masa lalu. Kamu sudah tidak ada di sana lagi saat ini. Untuk itu, ikhlaskan, lepaskan dan maafkan. Ini justru lebih bijak untuk diri dan hatimu sehingga bisa mendapatkan penyembuhan yang sebenarnya. Bukan hanya tentang memaafkan sang mantan, namun kamu juga harus bisa memaafkan dirimu sendiri dan berdamai dengan dirimu. Yakinkan diri bahwa langkah untuk berpisah dengan sang mantan adalah cara terbaik untuk kebahagiaan lainnya.

3. Terima diri sendiri

Bahagia bukan berasal dari orang lain melainkan dari diri sendiri. Jangan berpikir jika tanpanya maka kamu tak akan bahagia karena ini mindset yang salah. Kebahagiaanmu tidak akan terhenti meski kamu tak bersamanya. Untuk itu, terima dirimu sendiri bahwa kamu yang menentukan bahagiamu dan bukan orang lain. Cara ini akan bisa lebih menenangkan hatimu dan membangun rasa percaya lebih pada dirimu.

4. Kamu sadar bahwa kamu butuh seseorang untuk berjalan seiring denganmu

Jika memaafkan dan penerimaan diri sudah bisa kamu lakukan, maka mungkin kamu sudah mulai berpikir jika kamu butuh seseorang saat ini. Pandanganmu akan pencarian pasangan pun akhirnya mulai berubah karena ekspektasi yang selalu tak sesuai dengan realita yang ada. Bukan seseorang yang sempurna atau yang bisa lengkapi dirimu, tapi seseorang yang mampu dan mau berjalan beriringan denganmu.

5. Kamu menganggap jika kompromi dan komunikasi itu penting

Menjalani hubungan secara dewasa bukan hanya tentang pusi romantis, sepotong coklat dan kata cinta tiap hari. Hubungan secara dewasa sesungguhnya adalah sebuah hubungan yang mampu saling berkompromi dan juga berkomunikasi dengan baik. Hal ini karena kamu mengerti jika pasanganmu memiliki karakter dan sifat yang berbeda sehingga penyesuaian diri juga perlu.

Jika semua tanda itu sudah kamu rasakan, maka kini bersiaplah untuk membuka hatimu untuk cinta yang baru. Mungkin luka itu masih menyisakan trauma, tapi yakinkan diri jika kamu pun berhak dicintai dan diperjuangkan.

Baca Juga Hindari Kebiasaan Berikut Yang Membuat Kamu Susah Move On Dari Sang Mantan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Dia Tidak Perna Menganggap Kamu Ada. Masih Maukah Kamu Bertahan?

Coba Renungkan, Masihkah Kamu Ingin Bertahan Dengan Dirinya