Apakah kamu rajin merawat kulitmu? Jika iya, tentu kamu tidak akan mengalami masalah kulit seperti jerawat, ruam, atau apapun itu. Namun ada kalanya walaupun sudah melakukan perawatan sedemikian rupa, namun masalah tetap saja muncul. Jangan khawatir, semua itu belum tentu karena ada masalah dengan caramu merawat kulit. Ternyata, badan kita juga bisa mengirimkan “sinyal – sinyal” tanda bahaya jika tubuh kita sedang ada masalah kesehatan. Tanda – tanda tersebut bisa berupa kemunculan masalah kulit di daerah tertentu seperti wajah, punggung, dada, dsb. Tapi jangan khawatir, di sini kita akan bahas beberapa masalah kulit yang bisa berarti masalah kesehatan yang mungkin secara tidak sadar sedang kamu alami. Berikut penjelasannya:

1. Jerawat di daerah pipi dan dagu

Sebenarnya pola makan dan faktor genetik adalah penyebab yang paling mendasar dari timbulnya jerawat. Namun ada kalanya jerawat yang bermunculan adalah suatu pertanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Menurut para ahli, jerawat yang muncul di sekitar pipi dan dagu pada wanita disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Dalam kasus yang lebih langka, jerawat tersebut bisa juga adalah gejala dari PCOS atau Sindrom ovarium polikistik di mana tubuh kamu memproduksi hormon pria. Masalah ini bisa diselesaikan kalu cepat ditangani, jadi hati – hati ya kalau kamu mulai jerawatan di tempat ini.

2. Kulit terlihat lebih pucat

Jangan salah lho, bukan berarti kamu pucat karena perlu liburan. Kulit yang pucat merupakan pertanda dari anemia atau kekurangan sel darah merah. Namun jika kamu memang tidak suka terkena sinar matahari, kulitmu bisa menjadi lebih pucat. Hati – hati saja dengan gejala anemia seperti gampang lelah, pusing, atau sakit kepala yang tak tertahankan.

3. Benjolan yang terasa sakit

Terkadang juga ada benjolan seperti jerawat yang muncul di daerah yang aneh seperti perut, ketiak, atau daerah selangkangan. Benjolan ini tidak terlalu besar tapi terasa sakit dan biasanya muncul di tempat yang sama di sisi tubuh lainnya (kanan-kiri). Hati – hati karena ini bisa merupakan pertanda dari sakit diabetes, ganguan pencernaan, atau sakit jantung.

4. Kulit yang bewarna kuning

Pernah dengar sakit kuning atau sakit liver? Bukan hanya julukannya saja yang kuning, tetapi juga memang ketika tubuhmu mengalami gangguan ini, kulit dan mata mu akan menjadi kekuningan. Ini adalah pertanda bahwa liver atau hati tidak berfungsi seperti biasanya. Hal ini bisa juga dideteksi dari hal lain seperti warna urin yang menjadi lebih gelap dan tinja yang berwarna terang. Perubahan warna pada tinja bisa juga berarti saluran empedu yang tersumbat. Jika kamu tidak yakin, segera kunjungi dokter saat tanda – tanda ini muncul. Jangan ditunda yah!

Baca juga Selain Enak, 4 Minuman Ini Tanpa Kamu Sadari Akan Membuat Kulit Kamu Menjadi Glowing. Bikin Nagih Deh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf