Kesehatan menjadi investasi yang amat penting untuk dipikirkan dan dijaga. Dengan tubuh yang sehat, tentunya aktivitas yang akan dilakukan pun nyaman. Namun seiring dengan berubahnya gaya hidup, kini banyak sekali orang yang kurang peduli akan kesehatan. Tak heran jika beragam penyakit berbahaya pun akhirnya menjadi ancaman seperti penyakit jantung, darah tinggi dan lain sebagainya.

 

Kolesterol tinggi biasa menjadi sebab musabab semua penyakit berbahaya itu datang. Kolesterol tinggi sendiri adalah kondisi ketika kolesterol yang ada di darah berada lebih dari kadar normal yakni lebih dari angka 200 mg/dL. Apabila terus menerus dibiarkan, maka jangan heran jika banyak penyakit berbahaya mengancam. Itulah mengapa gaya hidup harus mulai dirubah sehingga kolesterol bisa turun, misalnya dengan cara berikut ini:

 

Perbanyak sayur dan buah

Demi bisa menurunkan kadar kolesterol di darah, maka disarankan agar konsumsi sayur dan buah diperbanyak. Ini karena kandungan serat yang ada di sayur dan buah bisa membantu untuk turunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam tubuh. Setidaknya, usahakan untuk makan atau minum 500 gram buah dan sayur tiap harinya.

 

Makan makanan dengan kandungan omega 3 tinggi

Makanan yang banyak mengandung omega 3 juga dipercaya untuk bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida yang ada di dalam darah. Pilihan makanan dengan kandungan ini banyak sekali lho mulai dari ikan salmon, tuna, makerel, sarden, hingga kacang kenari. Semuanya enak bukan?

 

Pilihlah makanan rendah lemak

Apabila kamu memiliki masalah dengan kolesterol yang tinggi, maka pastikan untuk memilih makanan yang mengandung kadar lemak rendah. Konsumsi ikan, daging sapi tanpa lemak, hingga susu rendah lemak dan kacang-kacangan akan sangat membantu. Makanan berlemak memang enak, tapi sementara hindari dulu ya seperti gorengan.

 

Konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan serat larut

Untuk bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, maka disarankan agar kamu konsumsi makanan dengan kandungan serat larut contohnya alpukat, brokoli, lobak, wortel, apel hingga gandum. Namun, jika ingin lebih praktis maka kini sudah ada banyak suplemen dan juga minuman dengan kandungan ini lho. Untuk konsumsinya sendiri tetap disarankan agar berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa tahu dosis yang tepat.

 

Olahraga dengan teratur

Mengubah gaya hidup bukan hanya dilakukan dari segi konsumsi makanannya saja, tapi olahraga pun juga sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan untuk berolahraga dengan teratur karena ketika tubuh bugar, maka kolesterol jahat juga akan turun.

 

Stop merokok

Ternyata rokok pun mampu mengganggu keseimbangan dari kadar kolesterol di tubuh lho. Itulah mengapa selalu dianjurkan agar berhenti merokok sejak saat ini juga. Kebiasaan merokok menjadi kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kadar kolesterol baik. Bahkan karena merokok bisa jadikan pembuluh darah menjadi kaku. Akhirnya, risiko penyakit jantung dan stroke juga bisa meningkat.

 

Itulah beberapa tips untuk menurunkan kolesterol jahat di tubuh. Selalu kontrol juga berat badanmu agar senantiasa ideal sehingga tubuh pun sehat serta bugar dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.

 

Baca Juga :

Turunkan Kadar Kolesterol Dengan Makanan Ini

Fakta Mengejutkan Tentang Kolesterol yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang Juga

Hindari Kebiasaan Buruk Ini untuk Menjaga Kadar Kolesterol Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

3 Fakta Nutrisi Ini Adalah Mitos, Jangan Percaya!

Mitos tentang nutrisi telah beredar luas dan dipercaya