Belakangan ini argan oil kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan kosmetik. Baik untuk kosmetik produk lokal maupun kosmetik produk luar negeri. Tidak hanya untuk produk perawatan wajah, namun juga untuk produk perawatan rambut dan juga body lotion.

Mungkin argan oil ini belum terlalu populer untuk masyarakat Indonesia, namun sebenarnya argan oil ini sudah punya tempat khusus di hati para pecinta skin care di dunia. Apa sih sebenarnya argan oil ini dan apa saja kegunaannya.

1. Berasal dari Maroko

Argan oil merupakan minyak yang diekstrak dari kacang argan. Kacang argan ini didapat dari pohon argan. Jangan bayangkan pohon argan seperti tumbuhan kacang tanah ya. PoHon argan ini punya batang yang kokoh, dahan yang kuat dan daun yang rindang.

Saking kuatnya pohon argan, banyak kambing-kambing khas Maroko yang naik ke dahannya dan memakan dedaunan pohon argan. Akibat ulah kambing-kambing ini, kacang argan berjatuhan ke tanah dan bisa diambil oleh petani argan. Barulah kacang argan diproses secara tradisional untuk diekstrak menjadi minyak.

2. Kaya vitamin E

Bukan tanpa alasan kenapa argan oil digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan kosmetik. Salah satunya karena argan oil mempunyai kandungan vitamin E yang tinggi. Bahkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan vitamin E yang terdapat dalam minyak zaitun.

Argan oil memiliki kadar vitamin E 300% lebih banyak dari minyak zaitun. Dengan kata lain kandungan vitamin E yang terdapat dalam argan oil tiga kali lipat lebih besar daripada yang terdapat dalam minyak zaitun.

3. Efektif mengatasi jerawat dan bekasnya

Argan oil rupanya punya banyak kegunaan. Selain kaya akan vitamin E, argan oil juga mengandung asam linoleat dan oleat yang dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit wajah. Salah satunya untuk mengatasi masalah peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

Berkat argan oil, jerawat bisa cepat mengempis dan kering. Argan oil juga membantu untuk menghilangkan bekas hitam di kulit wajah akibat jerawat. Itulah kenapa argan oil kerap dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik wajah atau skin care.

4. Menutrisi dan menguatkan akar rambut

Kandungan vitamin E yang tinggi pada argan oil rupanya tidak hanya dimanfaatkan untuk perawatan kulit saja, tapi juga untuk menutrisi rambut. Argan oil dapat membantu menguatkan akar rambut sehingga rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Selain itu argan oil juga membantu melembutkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau. Sudah banyak public figure yang menggunakan argan oil sebagai salah satu rahasia kecantikan rambutnya lho. Tidak heran banyak produk perawatan rambut yang mulai banyak menggunakan argan oil sebagai salah satu bahan dasar pembuatan produk perawatan rambut.

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam argan oil inilah yang membuat argan oil semakin populer untuk dijadikan salah satu bahan dasar pembuatan kosmetik. Emas dari Maroko ini sudah digunakan sebagai bahan pembuatan skin care untuk perawatan wajah, rambut dan juga tubuh.

Baca Juga 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat