Bawang putih atau bawang merah tentu sudah menjadi bumbu dapur yang tidak asing lagi untuk para wanita. Ya, kedua bahan tersebut hampir selalu ada di semua masakan karena mampu memberikan citarasa yang sedap dan pastinya masakan jadi makin mantap. Namun ternyata bukan hanya ada bawang putih atau bawang merah saja lho, ada juga bawang hitam yang tidak banyak dipakai tapi ternyata kaya dengan manfaat untuk kecantikan kamu.

Mengenal bawang hitam

Black garlic atau bawang hitam adalah jenis bawang putih, tapi diproses dengan alami lewat suhu dan kelembaban yang dikontrol dengan super ketat. Ini menjadikan formulasi kimia sehingga akhirnya bisa menghasilkan bawang hitam ini. Ternyata proses yang dilakukan inilah yang bisa mengubah warna dari bawang putih jadi bawang hitam serta mengubah sifat kimianya. Tak cukup disitu, rasa dari bawangnya juga lebih beraroma sedap tapi tak terlalu kuat dan manis. Bahkan untuk teksturnya terasa lembut dan juga kenyal mirip agar.

Bawang hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang amat tinggi lantaran kandungan alisin yang ada di bawang putih telah tereaksi kimia sehingga bisa berubah jadi senyawa antioksidan. Ada beberapa senyawa antioksidan di dalam bawang hitam ini mulai dari hidroksimetil furfural, amadori, organosulfur, dan piruvat. Bahkan konsentrasi dari antioksidan tersebut sangat tinggi lho. Dari kandungan antioksidan yang tinggi inilah menjadikan khasiat dari bawang hitam amat sangat besar.

Ragam manfaat bawang hitam untuk kecantikan

Perawatan untuk memaksimalkan kecantikan kerapkali dilakukan oleh para wanita. Bukan hanya produk pasaran, tapi juga dalam bentuk bahan alami. Jika kamu memiliki masalah kulit, mungkin bawang hitam ini bisa jadi jawaban masalahmu. Yuk kenali ragam manfaat dari bawang hitam ini!

  • Bawang hitam bisa cegah dan obati jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka kamu bisa menjadikan bawang hitam sebagai masker lho. Caranya mudah saja karena kamu hanya butuh menghaluskan bawang hitam lalu dipakai untuk masker ke bagian yang berjerawat dan tunggu 10 menit. Gunakan sebelum tidur dan secara rutin ya ladies.
  • Komedo juga bisa dibersihkan dengan bawang hitam yang ampuh ini lho. Caranya hampir mirip seperti saat kamu ingin mengatasi jerawat yakni dengan mengoles bawang hitam yang sudah dihaluskan di bagian berkomedo. Jika malas dengan ribetnya, maka kamu bisa konsumsi saja bawang hitam ini 2 siung tiap harinya. Dijamin komedo akan bersih perlahan deh!
  • Penuaan dini memang menjadi masalah yang umum dirasakan oleh para wanita. Tapi dengan khasiat dari bawang hitam maka kamu tidak usah terlalu khawatir lagi lho ladies. Mengingat bawang hitam mengandung vitamin A dan minyak atsiri yang punya ragam manfaat termasuk juga cegah penuaan dini. Kamu bisa pakai untuk masker atau dikonsumsi rutin.
  • Punya bekas luka pasti nggak pede deh. Ternyata bawang hitam juga bisa jadi solusi untuk bekas lukamu lho. Senyawa anti radang di bawang hitam akan mampu membantu untuk bersihkan sisa luka yang ada padamu. Lengkap banget ya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-bahwa-bawang-putih-dan-lemon-bisa-membuat-keajaiban-untuk-kuku-kamu/

http://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-ternyata-bawang-putih-dapat-memberantas-rambut-rontok/

http://www.tampilcantik.com/walaupun-sering-membuat-menangis-tetapi-daun-bawang-memiliki-banyak-manfaat-lho/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tes DNA Untuk Mengetahui Kondisi Kulit Wajah, Kok Bisa?

Semua produk kecantikan pastilah memberikan klaim jika produk