jerawat

Banyak orang yang kesal saat kulitnya mengalami masalah yang sangat menyebalkan yaitu masalah jerawat, selain membuat tidak nyaman jerawat juga membuat rasa percaya diri menurun, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat namun sayangnya penderitaan akibat jerawat tak cukup sampai menghilangnya saja, setelah jerawat sembut terkadang meninggalkan bekas hitam yang membuat kulit tak mulus lagi.

Sungguh menyebalkan, tapi tahukah kamu apa sebenarnya penyebab utama dari bekas jerawat yang tak ikut menghilang ? Sebagian besar orang mengira memencet jerawat menjadi penyebab utama timbulnya bekas seperti noda hitam, jaringan parut maupun bopeng.

Namun sebenarnya menurut banyak ahli bekas noda atau bopeng bukan disebabkan oleh memencetnya. Jika jerawat hanya seperti komedo hitam dan putih dipermukaan, bisa di pencet tanpa menimbulkan bekas.

Penyebab utama bekas jerawat sebenarnya adalah jenis jerawat itu sendiri ladies. Umumnya jerawat yang meninggalkan bekas adalah tipe ‘cystic acne’. Cystic acne itu sendiri merupakan jerawat yang berukuran besar yang disertai dengan terjadinya peradangan hebat, jerawat jenis ini hampir mirip dengan bisul. Jerawat jenis ini juga dikenal dengan nama jerawat batu yang tidak muncul hanya dipermukaan kulit tapi juga jauh di dalam kulit.

Umumnya jerawat batu muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh kelebihan produksi minyak dan sel kulit mati yang menumpuk. Pori-pori yang tersumbat ini dipenuhi nanah dan bakteri, sehingga mengakibatkan peradangan. Jerawat batu sering kali dikaitkan dengan meningkatnya hormon seperti testosteron dan androgen yang memicu produksi sebum berlebih. Itulah sebabnya kenapa jenis jerawat ini lebih sering terjadi pada masa pubertas, jelang menstruasi, kehamilan atau perimenopause.

Peradangan hebat akan merusak produksi kolagen dan lemak di bawah kulit, menimbulkan bekas luka yang di permukaan kulit. Bekas jerawat bisa muncul dalam berbagai bentuk. Umumnya berupa pori-pori yang tampak besar, keloid (bekas luka menonjol), jaringan parut atau noda cokelat maupun kemerahan. Beda bekas luka, berbeda pula tindakan yang dilakukan dokter kulit. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter estetika. ( wolipop.detik.com )

Baca juga Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Jerawat Batu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang