gatal

 

Setiap wanita dewasa pasti mengalami menstruasi sekali dalam sebulan dan saat menjelang menstruasi kebanyakan wanita mengalami beberapa masalah, salah satu yang paling sering adalah munculnya jerawat di wajah atau di bagian kulit lainnya. Selain itu saat menjelang menstruasi kebanyakan wanita mengalami perubahan hormon dan mempengaruhi konsidi tubuh maupun emosional sehingga kebanyakan wanita saat menstruasi atau menjelang menstruasi akan lebih sensitif dan mudah sedih.

 

Dan tahukah kamu ternyata tak hanya masalah hormon dan munculnya jerawat saja ladies, menjelang menstruasi wanita juga mengalami masalah pada rambutnya, dikutip dari wolipop bahwa menurut Clue, aplikasi smartphone untuk menstruasi, beberapa pengguna melaporkan kalau rambut mereka menjadi lebih berminyak, lepek dan mudah berantakan sekitar satu minggu sebelum menstruasi.

 

Dari hasil survey menunjukan bahwa satu minggu sebelum menstruasi terjadi peningkatan hormon progesteron pada wanita, hormon ini memicu produksi sebum, kondisi ini berarti tubuh mengeluarkan lebih banyak minyak dari biasanya sehingga membuat kulit terlihat lebih mengkilap dan meningkatan produksi minyak juga terjadi pada kulit kepala dan menyebabkan rambut menjadi lebih berminyak dari biasanya.

 

Dikutip dari wolipop Dijelaskan dermatologist Whitney Bowe, M.D., ketika darah haid keluar di hari pertama, tingkat progesteron dan estrogen sebenarnya sudah mulai menurun, namun giliran testosteron yang berada di tingkat tertingginya.
Testosteron juga bisa memicu produksi sebum, sehingga pada beberapa wanita mengalami rambut yang sangat berminyak ketika menstruasi. Keadaan bisa berbeda pada tiap wanita, tergantung peningkatan hormon yang terjadi pada tubuh masing-masing. Sebagian ada mengalaminya satu minggu sebelum menstruasi, atau ketika datang haid, atau bahkan keduanya.

 

Efek dari perubahan hormon ini biasanya berlangsung beberapa hari sebelum tubuh kembali ke kondisi normal. Untuk mengatasi rambut yang lepek karena berminyak, Anda bisa menggunakan dry shampoo agar tidak perlu keramas setiap hari. Sebab terlalu sering keramas bisa mengeringkan kulit kepala dan justru memicu produksi minyak lebih banyak.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Gagal Cobain Bibir Ombre Ala Korea? Ikutin Deh Tips Berikut

Berkembangnya industri hiburan Korea yang amat diminati dunia