Banyak pria dan wanita yang bermasalah dengan citra diri mereka. Kita memang selalu saja dibombardir dengan ide-ide tubuh sempurna oleh berbagai media di sekitar kita. Dan walaupun kita tahu bahwa banyak kesempurnaan model media yang hasil makeup, operasi plastik, atau bahkan photoshop, kita sering kesulitan untuk mengabaikan perasaan bahwa kita harus berubah menjadi seperti mereka.

Maka tak heran, berbagai gangguan makan seperti anorexia dan bulimia, serta depresi dan rasa percaya diri rendah muncul sebagai akibat dari ketidakmampuan kita untuk menjadi apa yang kita lihat di media. Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Bagaimana cara mencintai diri kita sendiri dan menerimanya apa adanya? Bagaimana caranya untuk tidak melukai mereka yang membenci tubuh mereka karena tidak sesuai dengan yang dianggap indah oleh media? Bagaimana caranya untuk tidak berkontribusi terhadap sistem misoginistik yang hanya mendukung wanita jika mereka sesuai dengan standar-standar kecantikan tertentu?

Pahami bahwa kamu berharga

Hai, kamu. Harga dirimu bukanlah tentang ukuran tubuh, warna kulit, panjang geraian rambut, dan citra diri lain yang menuntutmu untuk berada pada kualifikasi tertentu. Kamu pantas bahagia dan dicintai. Kualitasmu ditentukan oleh seberapa baiknya hati dan tingkah lakumu. Hanya itulah yang penting. Jika kamu kesulitan menemukan hal positif tentang citra tubuhmu, tariklah napas panjang dan tenangkan dirimu.

Citra diri hanyalah sebuah citra. Ini berdasar pada pikiran dan perasaanmu tentang tubuhmu. Bagaimana cara kamu mengira pandangan orang lain atas dirimu bisa secara negatif mempengaruhi pandangan terhadap dirimu sendiri. Jadi, inil hanyalah cara kamu memaknai dirimu luar dan dalam. Kamu punya kendali penuh terhadapnya. Jadi, cintai dirimu.

Bangun rasa percaya diri

Apakah kamu menyukai dirimu sendiri? Apakah kamu menyadari bahwa dirimu unik dan menakjubkan? Ketika kamu memiliki rasa percaya diri yang besar, kamu akan merasa berharga dan tak mengkhawatirkan citra diri secara berlebihan. Kamu akan benar-benar peduli dengan kesehatan fisik dan mentalmu.

Tak mengapa jika kamu tak selalu bahagia dengan citra diri yang kamu miliki.

Rasa percaya diri kita bisa berfluktuasi, karena kita tak selalu puas dengan apa yang kita lakukan. Namun, ada cara untuk mendongkrak rasa percaya dirimu, di antaranya:

  • Sadari betapa kerennya dirimu. Daftar hal-hal baik yang membuatmu dirimu. Kamu pasti punya banyak kualitas unik. Hargai itu.
  • Lakukan segalanya dengan sungguh-sungguh. Baik di sekolah atau karir, berikan 110% setiap saat. Punyai rasa percaya diri untuk mengubah dunia.
  • Selalu aktif. Ikuti berbagai kegiaan. Berjalan-jalanlah dan jangan selalu lekat pada ponsel di kamar. Berfokus pada kesehatanmu adalah cara mencintai diri paling dasar.
  • Berhentilah kejam pada dirimu sendiri. Jangan katakan pada dirimu bahwa kamu gemuk atau tidak caniik. Bagaimana kata-kata itu berkontribusi terhadap stresmu? Jika itu memperparahnya, hentikan. Jika kamu memang secara medis mengalami kelebihan berat badan, adalah hal benar untuk menjadi lebih sehat. Tapi, jangan pernah merancukan kesehatan buruk dengan “buruk rupa” atau “tak menarik”. Karena ini tak sama.
  • Berhenti mendengarkan pendapat orang lain dan jangan membanding-bandingkan dirimu dengan siapa pun. Tak ada yang mengerti dirimu sebaik kamu dan setiap manusia tercipta unik. Jadi, sayangi dan terimalah dirimu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tanda yang Menunjukkan Ada Kutu di Kasur Kamu

Apa kamu pernah dengar tentang kutu di kasur?