Ibu yang sedang mengandung biasanya sangat berhati-hati dalam memilih segala macam yang akan dipakai atau dikonsumsinya untuk menjaga janin dalam perutnya. Ibu hamil selalu memastikan dirinya harus sehat dan memperhatikan segala macam yang berhubungan dan atau digunakannya. Bukan hanya soal makanan dan keamanan perabotan di rumah, produk perawatan wajah juga harus diperhatikan agar tidak berpengaruh kepada kondisi kesehatan janin.

Banyak ibu hamil yang tentu ingin tetap menjaga kesehatan kulit dan kecantikannya dengan melakukan perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Apalagi ketika hamil, banyak perubahan hormon yang terjadi sehingga akan berpengaruh pada kulit sang ibu. Hormon yang tidak stabil pada masa kehamilan dapat memunculkan berbagai permasalahan kulit dan tentu harus dirawat dengan baik tanpa resiko terhadap janin yang dikandung. Oleh karena itu, Ibu hamil harus hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit karena banyaknya bahan kimia yang terdapat pada produk bisa saja membahayakan janin, selektif dalam memilih produk tentu itu diperlukan.

Sebelum melakukan perawatan, ada baiknya untuk memperhatikan masalah yang biasa terjadi ketika masa kehamilan agar penanganan dan perawatannya pun benar. Masalah-masalah yang sering bermunculan pada saat masa kehamilan diantaranya jerawat dan flek hitam atau chloasma. Jerawat muncul saat kehamilan karena hormon androgen yang meningkat memicu kelenjar minyak untukmemproduksi minyak atau sebum lebih banyak. Jika itu terjadi, anda harus memperhatikan kebersihan alat kosmetik anda dan gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan ringan dan tidak menimbulkan iritasi, apalagi yang memicu lebih banyak jerawat. Mencuci muka dua kali sehari juga dianjurkan agar hasilnya maksimal. Tetapi jika hal ini tidak begitu membantu, ibu hamil bisa menggunakan obat oles yang sebelumnya telah dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar kebersihan dan khasiatnya terjamin.

Selain produksi minyak, flek hitam atau bercak hitam di kulit adalah masalah selanjutnya. Biasanya flek hitam ini muncul di sekitar pipi, leher, dan bibir. Hal ini terjadi karena hormon yang memproduksi pigmen meningkat dan jika terpapar sinar matahari yang terus menerus tanpa perlindungan. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan sunscreen yang memiliki spf 30 atau lebih. Ini berfungsi untuk mencegah dan melindungi kulit dari sinar matahari yang memicu perubahan kulit menjadi lebih kegelapan.

Selain penyebab diatas dan perawatannya, ada juga beberapa perawatan yang tidak dianjurkan untuk dilakukan pada masa kehamilan karena efek samping yang mungkin dapat membahayakan. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat-obatan. Menurut dokter, efek samping dari obat-obatan yang mempengaruhi janin adalah bisa saja menyebabkan cacat. Selain itu, melakukan perawatan juga bisa jadi berbahaya. Oleh karenanya dianjurkan jika ingin melakukan spa, harus dilakukan oleh yang telah berpengalaman atau khusus ibu hamil agar lebih terjamin keamanannya. Hindari melakukan perawatan dengan suhu yang panas seperti di sauna atau berendam dan mandi di air yang terlalu panas. Jika anda ingin melakukan perawatan di masa kehamilan, maka ada baiknya anda melakukan pijat ibu hamil saja.

Baca Juga Dear Mom, Inilah Berbagai Makanan yang Harus Dijauhi Ketika Hamil

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perbedaan Jenis Kulit Sebelum Kamu Memulai Perawatan

Tampil cantik dengan kulit mulus tanpa noda tentu