menyisir

 

Padatnya aktifitas membuat banyak waktu yang tersita hingga selalu pulang bekerja larut malam dan membuat kamu tidak bisa keramas karena sudah terlalu malam. Umumnya keramas dilakukan dua hari sekali, jika rambut tidak keramas lebih dari 3 hari rambut akan terasa berminyak dan lepek serta bau. Rambut berminya bisa disebabkan karena kulit kepala yang berminyak saat beraktifitas disiang hari.

 

Dikutip dari facetofeet Menurut dr. Heidi Waldorf, dermatolog dan direktur klinik dermatologi di Mt. Sinai School of Medicine Kota New York, memiliki kulit kepala berminyak itu normal seperti halnya kulit wajah yang berminyak. Jadi di dalam folikel rambut terdapat kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum (zat seperti lilin yang berminyak). Sama seperti pori-pori wajah yang melepaskan minyak ke permukaan wajah, sebum juga kemudian dilepaskan di kulit kepala yang kemudian bermigrasi ke rambut.

 

Lakukan beberapa tips yang bisa mengatasi rambut berminyak dan mudah lepek dengan cara yang dikutip dari facetofeet ini.

 

1. Pertimbangkan Hormon

Fluktuasi hormon dapat meningkatkan produksi sebum. Jadi contoh saja misalkan kamu dalam siklus menstruasi, mungkin kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebih. Menurut dr. Heidi Waldrof, pil KB dapat menyeimbangkan hormon kita. Namun untuk solusi lainnya, cobalah berkonsultasi ke dokter.

 

2. Ganti Shampo

Sebaiknya kamu beralih menggunakan shampo yang mengandung zinc pyrithione atau asam salisilat yang biasa ditemukan dalam shampo khusu ketombe. Bahan-bahan tersebut ternyata dapat membantu mengurangi minyak pada rambut kita.

 

3. Aturan Saat Keramas

Saat keramas, jangan buru-buru untuk membilasnya. Jadi sebaiknya saat keramas pijatlah kulit kepala dengan lembut, lalu tunggu 30 detik sebelum membilas. Hal ini akan memberi peluang pada busa untuk menangkap dan memecah minyak berlebih. Dengan cara ini kamu akan memulai hari dengan rambut yang benar-benar bersih.

 

4. Membuat Rambut Bervolume

Rambut yang bervolume akan membuat kulit kepala lebih mudah bernafas dan tidak mudah lembab. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu yang pertama adalah menggunakan semprotan volumizing atau hair spray pada bagian akar rambut saat rambut basah. Lalu cara yang kedua adalah mem-blow rambut dengan posisi terbalik. Gunakan suhu panas saat rambut basah, lalu tepat saat rambut kering, gunakan suhu dingin. Lalu rapikan dengan jari atau menggunakan sisir bergerigi jarang.

 

5. Coba Dry Shampoo atau Hair Powder

Dry shampoo bisa menyerap minyak dan membuat rambut tidak mudah lepek. Kamu bisa memilih alternatif ini jika kamu tidak punya waktu untuk keramas atau di siang hari di sela-sela aktivitas. Sebagai preventif kamu juga bisa menggunakannya setelah keramas atau styling rambut. Oh iya dalam keadaan darurat saat kamu tidak mempunyai dry shampoo, kamu juga bisa lho menggunakan bedak bayi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Sepelekan! Inilah Manfaat SPF yang Hakiki untuk Kulitmu

Aktivitas keseharian tentu tak akan lepas dari sengatan