web57

Masalah obesitas tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa, tetapi juga oleh para remaja. Gaya hidup yang serba cepat dan instan saat ini, menyebabkan jumlah remaja yang mengalami obesitas semakin meningkat. Merekapun tentu sangat ingin menurunkan berat badan. Namun, cara diet untuk mereka tentu sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak usia remaja masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Diet yang salah bisa menghambat tumbuh kembangmnya.

Berikut ini ada beberapa tips diet bagi Kamu yang masih remaja:

1. Mengontrol Kebiasaan

Remaja cenderung melakukan kebiasaan buruk, seperti melewatkan waktu makan, berolah raga terlalu berat, konsumsi makanan ringan dan minuman kemasan. Kebiasaan buruk tersebut sebaiknya diganti dengan kebiasaan baik yang bisa lebih memacu pertumbuhan badan, misalnya dengan memperbanyak konsumsi protein, sayuran dan buah.

 

2. Mengontrol Porsi Makan

Dengan mengontrol porsi makan, maka Kamu telah berhasil membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Konsumsi kalori dalam jumlah sedikit akan mengurangi penumpukan lemak tubuh.

 

3. Jangan Tinggalkan Sarapan

Diantara ketiga waktu makan, sarapan adalah yang paling penting dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh agar bisa memulai aktivitas dan bisa tetap aktif sepanjang hari. Banyak peneliti yang membuktikan bahwa mereka yang sarapan lebih mudah menurunkan berat badan dibanding yang melupakan sarapan. Jika Kamu tidak terbiasa mengonsumsi makanan berat di pagi hari, maka cukup memilih makanan yang kaya protein dan serat seperti sereal, telur, dan roti gandum.

 

4. Makan di Rumah Saja 

Kebanyakan remaja lebih suka mengonsumsi makanan yang dijajakan di luar. Lebih sering makan siang di kantin sekolah daripada di rumah. Padahal jajanan di luar memiiki asupan kalori yang lebih banyak. Akan lebih sehat jika mulai saat ini Kamu makan di rumah saja. Selain karena kebersihannya terjaga, Kamu juga bisa mengatur banyak kalori yang masuk ke tubuh Kamu

 

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih 2 – 3 liter perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Mengonsumsi air yang cukup akan meningkatkan laju metabolisme tubuh dan juga membantu mengeluarkan semua zat sisa atau racun dari tubuh. Peningkatan metabolisme sekaligus dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

 

6. Perhatikan Label Makanan Kemasan

Mengontrol kalori dapat dilakukan melalui kebiasaan yang sederhana, misalnya membaca label kandungan gizi pada makanan kemasan. Jumlah kalori yang disarankan bagi remaja untuk dikonsumsi setiap hari adalah sebanyak 2000 kalori per hari. Makanan yang digoreng dan dipanggang, serta susu full cream adalah jenis makanan yang harus dihindari karena tinggi kalori.

 

7. Olahraga

Rutin melakukan aktivitas fisik selama 1 jam tiap hari akan membantu Kamu membantu Kamu mendapatkan berat badan yang diinginkan. Pilihlah olahraga yang Kamu sukai seperti jogging, sepeda, senam atau berenang. Aktivitas fisik seperti menari atau bersih-bersih rumah juga bisa membakar lemak tubuh yang berlebih.

Baca juga Tips Memilih Warna Hijab Sesuai Warna Kulit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pola Hidup Sehat Untuk Kalian Para Wanita Cantik

Hai Para Wanita, Inilah Pola Hidup Sehat Yang