Bau mulut pastinya menjadikan kamu tidak percaya diri. Sadar atau tidak, bau mulut akan sangat mudah sekali untuk mengintai kamu, terutama jika kamu baru makan dengan suatu hal beraroma kuat. Untuk bisa cegah bau mulut, maka kamu harus tahu beberapa tips berikut ini yang diberikan oleh para dokter gigi.

 

Bersihkan lidah

Salah satu sumber dari bau mulut yakni jenis bakteri yang disebut dengan bakteri anaerob dimana merupakan bakteri yang membenci oksigen pada mulut. Bakteri ini tidak suka udara segar sehingga bersarang di permukaan mulut yang menjadikan peradangan hingga pendarahan di gusi. Untuk itu, kamu bisa bersihkan lidahmu dengan memakai pengikis lidah sehingga bakteri jahat yang satu ini terkubur di filamen lidah. Jika tidak punya pengikis lidah, maka bisa juga memakai sendok bersih.

 

Gunakan obat kumur beroksigen

Mengingat bakteri anaerob yang membenci oksigen, maka kamu bisa juga dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung oksigen demi bisa membunuh bakteri itu dengan cepat. Penggunaan obat kumur lebih efektif karena bisa menjangkau pada tempat yang sulit untuk dijangkau. Ada cara lain juga yakni dengan berkumur menggunakan air garam. Namun, ada baiknya jika berkumur itu mencapai ke belakang tenggorokan ya ladies.

 

Berusaha untuk tetap terhidrasi

Saat kamu dehidrasi, maka ini akan bisa menjadikan produksi air liur pun berkurang. Perlu diketahui jika air liur mempunyai sifat berupa anti bakteri dan anti jamur lho sehingga mampu jaga mulut tetap sehat. Air liur bahkan bisa bantu untuk pecah makanan, membersihkan hingga melumasi gigi. Untuk itulah mengapa penting sekali agar kamu berusaha agar tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Setidaknya kamu harus minum dua liter air per harinya.

 

Bilas menggunakan obat kumur kandungan non alkohol

Alkohol mempunyai sifat untuk bisa mengeringkan mulut sehingga menjadikan bakteri lebih mudah tumbuh. Apabila kamu merasa malas membeli obat kumur, maka buatlah sendiri dengan mencampur soda kue dan air hangat besewrta minyak esensial pepermin secukupnya. Soda bisa jadi anti bakteri yang alami dan minyak pepermin bisa membantu kamu dalam menyegarkan napas. Mudah dan murah bukan?

 

Mengunyah permen karet mengandung xylitol

Perlu kamu tahu jika gusi memberikan pengaruh besar pada pernapasan yang lebih baik. Untuk merangsang manfaat itu, maka kamu bisa melakukannya dengan mengunyah permen karet lho. Kok bisa? Hal ini karena dengan mengunyah maka air liur akan terangsang untuk keluar sehingga bakteri bisa hilang. Selain itu, gerakan ini bisa membantu dalam mengambil makanan tertinggal. Adanya xylitol bahkan bisa menjadi anti bakteri. Namun, ingat jika kamu harus memilih permen karet dengan tanpa kandungan gula dan pemanis.

 

Makan makanan probiotik

Makanan juga berpengaruh dengan adanya bau mulut lho. Jika makanan kamu tak sehat, maka bau napas pun juga bisa jadi busuk. Untuk itu, kamu bisa perbanyak makan makanan dengan kandungan probiotik misalnya kimchi, kefir hingga yoghurt sehingga baik untuk bakteri baik di usus. Ternyata tidak sulit bukan?

Baca Juga :

Mengenal Lebih Dalam Tentang Plak Gigi

Makin Cantik Dengan Veneer Gigi. Namun Kenali Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya

Penyebab Bau Mulut Yang Tidak Kamu Sadari Selama Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Saat Puasa

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Kala Puasa