hijab

Bulan ramadhan sedikitnya pasti mengubah pola hidup hampir semua orang, pasalnya pola makan dan pola tidur orang-orang yang berpuasa pasti akan berubah. Waktu tidur akan lebih sedikit karena menjalankan beberapa ibadah sunnah serta menjalankan sahur di pagi harinya.

Saat puasa tubuh akan terasa lebih lemas dan kurang berenergi untuk menjalankan aktifitas, namun itu tidak bisa menjadi alasan saat berpuasa. Tahukah kamu jika pahala dari aktifitasmu akan berlipat ganda saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu ibadan puasa tidak bisa menjadi alasan untuk melakukan olahraga loh.

Dr. Alia Basamalah dari National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia mengatakan bahwa tetap berolahraga di bulan puasa sangatlah penting karena untuk menjaga metabolisme tubur agar berjalan secara optimal, selain itu berolahraga di bulan puasa juga bermanfaat untuk mempertahankan massa otot, level kardio, performa tubuh, dan menjaga berat badan ideal.

Jika kamu merupakan orang yang rajin melakukan olahraga namun saat bulan puasa olahraga malah ditinggalkan maka metabolisme tubuh hingga kekuatan ototmu akan berubah dan menurun. Jangan takut tidak bertenaga untuk melakukan olahraga saat berpuasa ladies, semuanya dapat disesuaikan dengan waktu olahraga dan lamanya olahraga.

Menurut Dr. Alia, ada tiga pilihan waktu yang aman untuk berolahraga ladies, yaitu sesaat sebelum berbuka puasa atau di sore hari, setelah berbuka puasa tapi sebelum makan berat dan setelah makan malam.

Kamu bisa melakukan olahraga sesuai dengan kebiasaan seperti minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Agar tubuh tidak mengeluarkan cairan yang berlebihan, hindari berolahraga terlalu berat atau berolahraga dibawah terik matahari. pilihlah olahraga mulai dari intensitas ringan dan sedang selama 20-30 menit.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Kuku Kuat dan Berkilau? Konsumsi Makanan-Makanan Ini, Nih

Kuku kuat, berkilau, dan halus serta bisa dipamerkan