Merawat diri sendiri adalah hal penting dalam hidup Kamu. Ketika kamu beranjak tua, Kamu justru harus lebih perhatian pada kondisi tubuh. Tubuh Kamu memerlukan perawatan lebih daripada sebelumnya. Tidak hanya untuk kesehatan fisik namun untuk mental juga. Berikut tips agar hidup sehat di usia senja, dilansireHow.

Makan sayuran Kamu
Usia bertambah akan makin rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu agar penyakit tidak menyebar di tubuh, Kamu harus mengantisipasinya. Hindari makanan berlemak dan perbanyak asupan sayuran agar tubuh sehat dan bugar.

Jalan kaki
Berjalan adalah aktivitas termudah dan menyehatkan tubuh. Jalan kaki akan memperkuat jantung pria, terhindar dari diabetes tipe 2, serta meningkatkan fungsi fisik.

Waktu tidur cukup
Mendapatkan tidur malam yang baik sangat penting untuk memelihara kesehatan yang prima. Hal ini memberikan waktu untuk tubuh beristirahat dan memulihkan diri. Pastikan Kamu tidak terganggu dengan televisi atau handphone yang membuat tidur Kamu jadi tidak nyaman.

Rutin check-up
Rutin kontrol ke dokter membantu mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan Kamu. Hal ini penting karena ada beberapa penyakit yang tidak memiliki gejala yang menonjol namun bisa membahayakan nyawa Kamu.

Hindari alkohol
Untuk Menjaga kesehatan yang optimal, hindari konsumsi alkohol. Selain itu jauhi tembakau. Dua hal itu sangat buruk untuk kesehatan Kamu, terlebih di usia senja.

Bersosialisasi
Mempertahankan hubungan sosial membuat Kamu terus ceria dan menyehatkan mental. Meski tua bukan berarti Kamu tidak bisa bergaul. Makan malam bersama teman, pergi jalan-jalan, karaoke adalah kegiatan menyenangkan yang dapat menyegarkan pikiran dan hati Kamu.

Tingkatkan kekuatan otak Kamu
Saat usia bertambah, fungsi tubuh malah akan berkurang. Untuk memperkuat otak Kamu ketika tua, Kamu bisa melatihnya dengan bermain catur, scrabble, teka-teki silang dan sudoku. Permainan yang mengasah otak ini bisa membuat Kamu tidak mudah pikun.

Menghabiskan waktu di luar
Menghirup udara segar dan berjemur di sinar matahari adalah aktivitas singkat yang membuat sehat dan meningkatkan suasana hati Kamu. Lakukan selama 15 sampai 20 menit per hari dari sinar matahari dapat dan rasakan khasiatnya.

Hidupkan aktivitas seks Kamu
Kebutuhan seksual adalah bagian normal dari kehidupan meski menginjak usia senja. Kehidupan seks yang sehat menjadi pertkamu baik untuk semua bidang kesehatan baik fisik, mental dan emosional.

Menyesuaikan sikap
Salah satu cara terbaik untuk berpikiran positif tentang diri sendiri adalah optimis. Pikiran positif dan optimis membantu menjaga pikiran Kamu dan kesejahteraan emosional dalam kondisi yang baik. Ketika kondisi mental baik, maka kita dapat beraktivitas dengan baik pula.

Usia senja bukan berarti Kamu tidak bisa berbuat banyak kegiatan. Dengan kondisi fisik dan mental yang sehat Kamu masih bisa aktif seperti muda dulu.

6330994554_3bab5b9fa7_b

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Wajib Tahu! Inilah Bahayanya Jika Kamu Tidur Dekat dengan Ponsel

Ponsel saat ini sudah menjadi sahabat dan kebutuhan