Beautiful-nails

 

Jari kuku kita memang kecil tapi  biasanya jadi tempat tinggal bakteri, atau jadi rapuh, atau bahkan terlihat tak menarik kalau tidak dirawat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk merawat jari kuku tetap cantik, sehat, dan kuat.

 

Pertama: Pastikan jari-jari kuku terhidrasi. Caranya adalah dengan mengusapkan sedikit Vaseline atau pelembap bervitamin E di bagian kutikel sebelum tidur di malam hari. Kenapa di malam hari?  Supaya pelembapnya meresap dengan baik saat tidur. Hidrasi pada bagian kutikel akan membuatnya terhindar dari kekeringan dan terasa halus.

 

Kedua: Jangan kikir kuku sesaat setelah mandi karena kuku berada pada kondisi paling rapuh saat itu sehingga mudah patah. Ingatlah untuk satu arah saat mengikir kuku. Mengikir dengan cara menggosok ke depan dan belakang justru melemahkan kuku. Selain itu, pastikan untuk membersihkan bagian celah kuku setiap hari.

 

Ketiga: Gunakan topcoat setiap 1 atau 2 hari untuk mempertahankan menikur dan menjaganya supaya tetap cantik.

 

Keempat:  Pakai sarung tangan ketika mencuci piring atau memakai bahan pembersih. Hal ini bisa membuat jari kuku dan kutikel menjadi kering, rapuh, dan tidak berwarna.

 

Kelima: Beri jarak satu hari saat memakai sepatu favorit seperti boots atau yang bagian depannya berpenutup. Keringat dan keadaan yang terlalu lembap bisa menyebabkan infeksi jamur.

 

Keenam: Usahakan untuk tidak menggigit jari dan kutikel. Hal ini bisa menyebabkan infeksi dan juga bakteri yang ada di kuku bisa pindah ke mulut sehingga berbagai infeksi lain bisa terjadi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ketahui Dulu Jenis Kulit Kamu, Jangan Sampai Salah Memilih Masker Yang Sesuai

Jika membicarakan kecantikan wanita, maka selalu saja menghubungkannya