Kesehatan memang menjadi prioritas untuk setiap orang. Tentunya menjaga kesehatan bisa didapatkan dengan konsumsi makanan sehat, pola hidup yang baik dan olahraga rutin. Dengan demikian kesehatan akan bisa terjaga. Kesehatan dalam hal ini tentunya merujuk pada kesehatan fisik, padahal kesehatan mental juga patut untuk dipikirkan. Seseorang bisa disebut sehat bukan hanya ketika tubuhnya saja yang sehat, tapi juga kesehatan mental.

 

Mengenal kesehatan mentalmu

Kesehatan mental sendiri merupakan hal yang amat mendasar untuk kemampuan manusia dalam hal berpikir, berkembang, berinteraksi, berekspresi hingga menjalani kehidupan. Inilah yang jadi alasan mengapa penting sekali kesehatan mental untuk bisa dijaga. Dalam hal ini WHO juga menjelaskan dimana seseorang sehat mental akan mampu menyadari kesanggupan dalam penanganan stres di kehidupannya, bekerja dengan produktif sampai dengan berkontribusi bagi sekitarnya. Apabila ada seseorang yang tidak bisa melakukan demikian, maka bisa dibilang jika kesehatan mentalnya terganggu.

 

Kesehatan mental seseorang sendiri bisa dipengatuhi dengan berbagai macam hal mulai dari riwayat gangguan mental di keluarga, gaya hidup, pengalaman hidup sampai dengan beban pikiran yang ada. Inilah yang menjelaskan jika kesehatan mental adalah karena faktor sosial, biologis hingga psikologis. Selain daripada itu, riwayat kekerasan fisik dan verbal, sampai tuntutan secara ekonomi juga jadi pencetus gangguan mental.

 

Tanda seseorang berpotensi terganggu mentalnya

Setiap orang sendiri bisa berpotensi untuk terkena dengan gangguan kesehatan mental. Meski demikian, ada beberapa tanda yang ditunjukkan sehingga dpat diminimalisir diantaranya:

  • Menunjukkan perubahan kepribadian misalnya seseorang itu tidak seperti dirinya lagi yang amat berbeda.
  • Mengalami kecemasan, perubahan suasana hati dan amarah. Memang semua orang wajar mengalami hal ini, tapi jika kondisi tersebut terjadi terus menerus dengan tanpa alasan jelas maka harus diwaspadai.
  • Menarik diri dan mengasingkan diri dari sekitarnya. Ini juga bisa jadi tanda kesehatan mental terganggu lho. Ini karena adanya masalah emosional yang ada di dalan diri.
  • Mulai melakukan hal berbahaya dan menghilangnya kemampuan untuk mengurus diri. Nah, ini mulai kelihatan banget jika kesehatan mental terganggu yakni ketika kemampuan dalam mengurus dirinya dan melakukan aktivitas menjadi terganggu. Akhirnya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu pun butuh bantuan dan perhatian orang lain.

 

Menjaga dan memperbaiki kondisi dan kesehatan mental

Untuk bisa menjaga dan juga memperbaiki kondisi dan kesehatan mental bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:

  • Pastikan untuk selalu kelola stres. Beberapa caranya misalnya dengan bersantai di luar ruangan, olahraga, menenangkan diri hingga bertukar pikiran bersama sahabat dan keluarga.
  • Tetapkan tujuan hidup secara realistis sehingga kamu pun akan bisa lebih terarah. Kamu bisa menuliskannya di buku dan lengkapi keterangannya dengan daftar pencapaian kamu.
  • Berkumpullah dengan orang yang suportif.
  • Perbanyak membantu orang lain baik di aktivitas harian hingga bergabung menjadi relawan. Ini akan menjadikan hidupmu lebih bermanfaat dan menghindarkan kamu dari kesepian. Dengan demikian, hati pun akan lebih mudah untuk banyak bersyukur.
  • Jagalah kesehatan fisikmu juga sehingga bisa kesehatan mental pun akan lebih baik.

 

Baca Juga :

3 Kunci Untuk Kebaikan Mental Kamu

Wah, Berbagai Penyakit Fisik Ini Ternyata Berhubungan Juga dengan Kesehatan Mentalmu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Siap-Siap, Inilah Ketidaknyamanan Di Kehamilan Trimester Ketiga Yang Harus Kamu Hadapi

Kehamilan pastinya menjadi momen yang begitu membahagiakan untuk