atasi-kram-saat-haid-dengan-tips-praktis-ini-ladies

Haid atau masa menstruasi merupakan salah satu rutinitas wanita setiap bulan yang tidak bisa di tolak, beberapa wanita terkadang merasa gelisah saat melalui masa haid karena saat sedang haid tubuh terasa sakit semua, mulai dari pinggul yang terasa pegal hingga kepala yang terasa pusing. Apalagi ketika beberapa hari pertama, beberapa wanita harus merasakan nyeri di perut yang sangat membuat tidak nyaman dan serba salah.

Saat seperti ini kita pasti selalu merasa tidak nyaman dalam posisi apapun, hal ini pasti membuat aktifitas dan kegiatan terganggu. Biasanya beberapa orang mengonsumsi obat pereda sakit atau konsultasi langsung ke dokter, tapi sayangnya seperti yang kita tahu bahwa mengonsumsi obat terlalu sering atau sudah menjadi kebiasaan itu tidak baik untuk kesehatan, bagaimana pun beberapa obat-obatan terbuat dari bahan kimia racikan. Kita bisa meredakan nyeri saat haid dengan cara aman dan alami tanpa obat, nah berikut ini hal yang harus di lakukan agar tetap segar dan tidak nyeri saat masa haid.

Pola Makan Sehat

Memiliki pola makan yang sehat ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesegaran tubuh saja ladies, pola makan sehat juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri saat haid loh. Saat masa haid, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur segar, tidak lupa imbangi dengan protein dari ikan dan karbohidrat dari gandum utuh. Makanan tersebut bisa mengurangi gejala PMS yang mengganggu. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan kalium. Karena kalau tubuh kekurangan kalium saat sedang haid, maka haid akan terasa berat dan makin menyiksa.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga teratur bermanfaat untuk membantu menjaga kestabilan berat badan, tahukah kamu ternyata berat badan yang bertambah dan penumpukan lemak dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab dari masalah saat haid. Kamu bisa mencegahnya dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai, yoga, atau sekadar peregangan otot sederhana. Lakukan olahraga sekitar 30 menit per hari selama 5-6 kali seminggu.

Hindari Stres

Sat kamu merasa stres dan tertekan, segala hal akan terganggu seperti pola makan yang menjadi tidak teratur dan nafsu makan yan sulit untuk di kendalikan, akibatnya haid akan teras lebih berat dan menyakitkan. Sebisa mungkin jangan sampai stres dan rilekskan tubuh serta pikiran saat haid. Imbangi dengan tidur cukup dan makan makanan sehat. Selain itu stres juga akan membuat haid semakin deras dan lama.

Saat masa haid kita memang perlu memperhatikan, menjaga kondisi tubuh dan pikiran agar kita akan tetap baik-baik saja tanpa melalui masa yang sangat menyebalkan saat haid. Kondisi ini lah yang membuat wanita lebih mudah marah, sensitif dan emosi.

Baca juga Terapkan Dulu 5 Kebiasaaan Ini Sebelum Kamu Mengaku Sebagai Wanita yang Lebih Baik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan