jorok-merokok-bikin-bakteri-mulut-jutaan-kali-lipat-lebih-banyak

 

Indonesia merupakan salah satu produsen dan konsumen rokok terbesar di dunia dengan peredaran rokok yang bebas hingga anak di bawah umurpun banyak terlihat sedang merokok padahal rokok memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Hasil penelitian menemukan setidaknya ada 4.000 jenis bahan kimia yang ditemukan dalam kandungan rokok. Dari 4.000 tersebut, 40 diantara bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Dan zat yang bersifat karsinogenik tersebut lebih banyak justru ditemukan pada asam samping yang dihirup oleh orang lain, dan bukan si perokok. Salah satu bahaya rokok adalah bagi jantung, berikut ini beberapa bahaya rokok bagi jantung.

 

Menimbulkan Kerusakan Jantung

Kandungan rokok ternyata berpengaruh terhadap kesehatan tubuh pemakainya terutama jantung dan paru-paru. Sudah banyak diberitakan di media bahwasannya merokok itu merupakan salah satu cara mengundang kematian dini. Organ orang yang perokok terutama jantung dan paru-paru akan berwarna lebih gelap dan juga kotor daripada organ manusia yang bukan perokok. Melalui alat medsis dapat diketahui bahwasannya organ perokok akan berwarna lebih gelap seperti terbakar api hingga gosong dan asap rokok yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa merusak pembuluh darah jantung sehingga jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

Tahukah kamu merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung  karena asap rokok dapat menyebabkan kerusakan arteri jantung sebab penyempitan yang dialami oleh arteri tersebut. Akibatnya terjadilah kekurangan oksigen pada jantung sebab aliran darah yang membawa oksigen pada jantung terganggu alirannya.

 

Penyakit Jantung Koroner

Seorang perokok beresiko 2 hingga 4 kali lipat lebih besar terkena jantung koroner daripada orang lain yang bukan perokok. Resiko ini semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan juga jumlah rokok yang dihisap. Hal ini membuktikan bahwa kandungan ribuan zat yang ada di dalam rokok dapat menjadikan penyebab timbulnya jantung koroner. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa faktor resiko merokok bekerja sinergis dengan berbagai faktor lain seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi terhadap penyakit jantung koroner.

 

Nah itu hanya beberapa bahaya rokok bagi jantung, sebenarnya masih banyak sekali bahaya merokok untuk kesehatan tubuh. Setelah kamu ketahui dampak negatif dari merokok segeralah berhenti dan sayangi kesehatan diri sendiri dan orang-orang disekitar kita.

Baca juga Mau Ciuman Sama Orang Yang Merokok? Pikir Sekali Lagi!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Saran Memang Boleh Jadi Pemasukan, Tapi Jangan Langsung Percaya Saran Penata Rambut di Salon. Inilah Faktanya

Berdiskusi dengan penata rambut di salon tentu sudah