Tubuh wanita dapat mensintesis sekitar seratus hormon dan 6 di antaranya sangat penting untuk kecantikan. Hormon-hormon ini berkontribusi pada elastisitas kulit, menjaga kulit agar tetap awet muda dan bahkan dapat membuat suasana hati kita selalu dalam kondisi baik. Namun, terkadang tubuh kita gagal untuk mensintesis hormon, kemudian kadar hormon menurun, dan wanita mulai menua sebelum waktunya. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir, kabar baiknya ada metode yang dapat diandalkan untuk mengembalikan keseimbangan hormon-hormon ini. Berikut adalah daftar hormon penting untuk kecantikan wanita dan cara mempertahankan tingkat hormon agar tetap awet muda :

  1. Hormon Estrogen

Ketika kadar hormon estrogen dalam tubuh kamu menurun, kamu akan memunculkan kerutan, bentuk wajah lonjong menjadi tidak rata, dan payudara menjadi kendor. Bukan hanya tentang kecantikan kulit saja, tapi semakin rendah tingkat estrogen dalam tubuh, maka kamu juga akan semakin cepat kelelahan.

Berikut cara meningkatkan hormon estrogen :

  • Makanan Bergizi

Konsumsi makanan berbahan dasar kedelai, beras merah, biji-bijian, lalapan, dan buah-buahan.

  • Produk Perawatan Kulit

Gunakan produk krim yang mengandung fitoestrogen. Misalnya, serum dan krim dengan akar licorice yang dapat melawan penuaan.

  1. Hormon pertumbuhan

Semakin berumur, orang akan cenderung mengalami somatopause yaitu suatu kondisi ketika tingkat hormon pertumbuhan dalam darah mulai menurun. Ketika kadar somatotropin berkurang, otot akan menurun sementara lemak dan kerutan mulai muncul, suasana hati memburuk, dan daya tahan tubuh menurun. 

Selebriti Hollywood sering mulai menyuntikkan hormon pertumbuhan, namun cara ini memiliki banyak efek samping seperti bengkak, sakit kepala, bahkan pertumbuhan tulang dan organ dalam yang tidak terkontrol.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan tingkat hormon pertumbuhan secara alami?

  • Aktivitas fisik

Berjalan santai, latihan beban, dan aerobik adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan hormon pertumbuhan. 

  • Perubahan suhu

Kunjungilah sauna atau mandi kontras dengan air dingin untuk merangsang produksi hormon pertumbuhan.

  • Suplemen olahraga

Suplemen seperti Gamma-Aminobutyric Acid (GABA) dapat memperbaiki tidur dan meningkatkan kadar somatotropin.

  1. Hormon Melatonin

Hormon melatonin berfungsi mengatur ritme harian kita. Dengan kata lain, hormon ini akan memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya untuk istirahat. Semua proses pembaruan sel terjadi selama tidur. Jika tidur kita terganggu, kita bisa menua sebelum waktunya. Kekurangan melatonin menyebabkan munculnya kerutan, rambut rontok, dan munculnya flek hitam.

Cara meningkatkan hormon melatonin secara alami adalah dengan  :

  • Makanan Bergizi

Melatonin terkandung dalam pisang, tomat, nasi, dan jagung.

  • Hindari Alkohol, Rokok dan Kafein

Alkohol, rokok, dan kafein merupakan kontraindikasi. Saat mengonsumsinya, produksi hormon melatonik akan berhenti. 

  1. Hormon Kortisol (Hormon Stres)

Kadar hormon stres/kortisol yang tinggi dapat menyebabkan penuaan dini. Bergantung pada jenis kulit kamu, efek negatif kortisol bisa tampak dalam berbagai cara. Ada yang mengalami kulit wajah kering, mengelupas, atau kulit wajah menjadi bercorak abu-abu. Ada pula yang mengalami keriput, kulit berminyak dan berjerawat. Hormon kortisol dapat memecah serat kolagen dan membuat kulit menjadi lembek.

Lalu bagaimana cara mengurangi hormon stres ini?

  • Konsumsi Cukup Air

Jaga agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi, karena dehidrasi ringan sekalipun dapat meningkatkan kadar hormon stres. Minum segelas air akan membantu kamu untuk rileks.

  • Musik

Dengarkan musik yang membuat mood kamu menjadi baik. Ilmuwan mengatakan bahwa terapi musik mampu menurunkan tingkat stres.

  • Meditasi

Mulailah belajar meditasi, karena dengan meditasi, tubuh kita dapat menurunkan kadar kortisol tanpa perlu suplemen atau obat tertentu.

Baca Juga :

Cara Alami untuk Menyeimbangkan Hormon dan Meningkatkan Kesehatan Kewanitaan

7 Hal Aneh Yang Terjadi di Tubuh Wanita

6 Tanda Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Para Wanita

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, Salah Pilih Warna Rambut Bisa Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua!

Semua orang ingin memiliki warna rambut yang akan