Rambut Anda adalah puncak kejayaan Anda! Ketebalan, panjang, dan kilau rambut sangat berkaitan dengan cara Anda merawat surai, namun hal tersebut juga mencerminkan kesehatan kulit kepala, yang sering kali diabaikan dan dikesampingkan! Namun bantuan sudah dekat, dan sering kali hal terbaik untuk dilakukan juga merupakan hal termudah! Anda dapat memulainya di rumah dengan tips umum perawatan rambut buatan sendiri ini, serta hal-hal penting lainnya yang harus dan tidak boleh dilakukan.

  1. Oleskan Minyak Hangat Pada Rambut

Nenek benar tentang ini! Menggunakan minyak alami yang hangat pada rambut Anda dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit kepala, kesehatan dan tekstur rambut, serta menstimulasi kesehatan secara umum juga. Berikut beberapa minyak yang harus Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam rutinitas Anda.

  • Minyak kelapa: Obat kuno ini telah teruji oleh waktu! Ia bekerja pada semua jenis rambut, tersedia secara lokal dan terjangkau. Ini menghilangkan ketombe, melembutkan rambut, memperbaiki ujung rambut bercabang dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga melindungi rambut dari kehilangan protein. Untuk hasil terbaik, gunakan minyak kelapa extra virgin.
  • Minyak argan: Minyak argan bukan berasal dari India, namun baru-baru ini menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Diekstrak dari biji pohon Argan, ditemukan di Maroko, kaya akan Vitamin E, menjadikannya pelembab yang sempurna untuk rambut kering dan tidak berkilau, serta mengurangi rambut kusut.
  • Minyak jarak: Minyak yang diekstraksi dari biji jarak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun sangat baik untuk kesehatan rambut. Ini adalah pelembab yang bagus dan membantu mencegah kulit kepala mengelupas. Ini juga mengurangi kerusakan pada akar, dengan memberikan nutrisi dan pelumasan.
  • Bringhraj: Minyak ini digunakan secara luas dalam perawatan Ayurveda, dan industri kecantikan. Minyak Bringhraj tidak dapat digunakan sendiri tetapi paling cocok jika dipadukan dengan minyak pembawa. Ini membantu mengaktifkan folikel rambut, ketika dipijat ke rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut.
  1. Gunakan Air Beras Sebagai Shampo Dan Bilas Untuk Perawatan Rambut

Desa Huangluo di Tiongkok, rumah bagi wanita asli Red Yao, tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai ‘desa dengan rambut terpanjang di dunia’. Para wanita di sini membanggakan rambut panjang, berkilau dan sehat yang selalu dirawat. Penduduk desa percaya bahwa itu adalah simbol keberuntungan, umur panjang dan kemakmuran. Jadi apa rahasia rambut mereka yang sangat terawat? Obat Tiongkok kuno namun sangat sederhana – air beras! Ramuan ajaib ini, yang digunakan sebagai sampo dan obat kumur alami selama berabad-abad, jelas menghasilkan keajaiban. Faktanya, wanita biasanya baru mulai beruban hingga mereka berusia hampir delapan puluh tahun! Air beras memiliki banyak sekali komponen yang memiliki nilai gizi untuk rambut.

Sekitar 16 persen di antaranya adalah protein, bahan penyusun penting bagi kesehatan sel. Trigliserida dan lipid masing-masing membentuk 10 persen komposisi air beras, sedangkan pati (ekstrak yang masih digunakan dalam kosmetik Jepang), terdapat pada 9 persen. Karbohidrat, inositol, asam fitat dan zat anorganik merupakan komponen lain dalam air beras. Inilah yang Anda dapatkan ketika Anda merebus segenggam nasi putih rata-rata dalam dua cangkir air panas dan menyaring sisa cairannya.

  1. Telur Dapat Berkontribusi Terhadap Kesehatan Rambut Secara Keseluruhan

Masker telur mungkin merupakan salah satu solusi paling ampuh untuk kesehatan rambut, dan untuk satu alasan yang sangat bagus – ini adalah sumber Vitamin B terbaik, yang penting untuk kesehatan rambut! Vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin) dan B5 (asam pantotenat) baik untuk kelenturan rambut, kekuatan dan kesehatan secara keseluruhan. Biotin atau Vitamin B7 sangat penting untuk pertumbuhan rambut, sedangkan asam folat dapat membantu menghindari uban dini. Untuk mengatasi hal ini, telur dapat dijadikan obat topikal yang luar biasa.

Gunakan kuning telur dan putihnya. Kuning telur berfungsi sebagai pelembab untuk rambut kering dan juga merupakan makanan super karena banyaknya nutrisi. Terlebih lagi, ini membantu mempertahankan kilau alami rambut berkat manfaat pelembabnya. Pecahkan dua butir telur, lalu kocok isinya hingga rata di dalam mangkuk. Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala dan biarkan selama sepuluh menit. Bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner seperti biasa. Cari tahu bagaimana Anda bisa membuat masker ini.

  1. Oleskan jus bawang ke seluruh rambut Anda

Percaya atau tidak, jus bawang merah kaya akan nutrisi dan manfaat untuk pertumbuhan dan pertumbuhan kembali rambut. Menjaga kulit kepala bebas infeksi karena sifat antibakteri dan antijamur, serta mengandung belerang yang mencegah rambut menjadi rapuh dan patah. Mereka juga mengandung antioksidan, untuk membantu mencegah penuaan rambut dan menyebabkan uban. Jika Anda merasa jusnya terlalu berbau menyengat, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavendel atau pepermin untuk menghilangkannya.

  1. Gunakan Teh Hijau Sebanyak Mungkin pada Rambut Anda

Teh hijau mengandung EGCG, antioksidan yang bagus untuk kesehatan folikel rambut dan sel papila dermal, sehingga berkontribusi terhadap lebih sedikit kerontokan dan penipisan rambut. Manfaat lainnya termasuk pengobatan ketombe dan psoriasis. Kulit bersisik dan terkelupas di kulit kepala dapat diobati dengan teh hijau, yang mengatur kadar protein kulit kepala, memberi nutrisi, menghidrasi dan melembabkan. Anda bisa menggunakan sampo dengan teh hijau, atau bahkan sekadar memijatkan secangkir teh hijau yang baru diseduh dan didinginkan ke rambut.

Bahan ajaib ini juga baik untuk rambut, dan bila digunakan dalam kondisioner atau sebagai bilas rambut terakhir, akan membuat rambut Anda lebih lembut, halus, lebih ternutrisi, dan tidak mudah bercabang.

Baca Juga :

Siapa Bilang Susu Hanya Sehat Untuk Tubuh

Calon Ibu, Ini Beberapa Tips Perawatan Rambut yang Harus Diikuti Saat Hamil

Temukan 7 Manfaat Luar Biasa Menggunakan Rosemary Dalam Rutinitas Perawatan Rambut Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Agar Rambut Tumbuh Cepat Dan Sehat (Bagian II) – end

Pada bagian pertama, telah dibahas bagaimana cara membuat