Ketombe adalah yang terburuk. Saat berada di kulit kepala, Anda terus-menerus menggaruk kepala dan mengeluarkan serpihan. Dan sejujurnya, itu menjadi sangat, jauh lebih buruk ketika Anda memiliki ketombe di wajah. Mungkin terdengar aneh, namun ketombe di wajah benar-benar ada dan tentunya mengganggu. Dermatitis seboroik adalah nama lain dari ketombe wajah. 

Meskipun tidak ada pencegahan atau pengobatan untuk ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati ketombe di wajah tanpa terlalu stres, dan kembali menjalani kehidupan yang bebas serpihan. Dari pengobatan rumahan hingga solusi OTC, kami membuat daftar cara mengobati ketombe wajah.

1. Pembersihan Seng

Seng adalah cara yang bagus untuk menghilangkan ketombe di wajah karena sifat antibakteri dan antimikrobanya menghambat jamur kulit mengembangkan kelebihan asam oleat penyebab ketombe yang pada gilirannya menghambat munculnya ketombe. Tersedia banyak batang pembersih seng yang aman untuk wajah, yang telah diformulasikan secara khusus untuk mengobati dermatitis seboroik, jadi jangan terintimidasi oleh yang satu ini!

2. Shampo Anti Ketombe

Tentu, sampo anti-ketombe Anda merawat serpihan ketombe di kulit kepala Anda, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakannya untuk menghilangkan ketombe di wajah? Ternyata, Anda dapat menggunakan beberapa tetes sampo anti-ketombe di wajah Anda sekitar 2-3 kali seminggu untuk mengobati dermatitis seboroik, karena pada dasarnya membuat kulit menjadi lingkungan yang tidak ramah untuk bakteri.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan sampo anti-ketombe sebagai masker dengan melapisi area yang bermasalah dengannya dan membiarkannya selama lima menit dengan membilasnya.

3. Cuka Sari Apel

Kami menyukai tidak lebih dari obat alami yang tersedia di rumah, dan cuka sari apel adalah yang terbaik. Dengan sifat antiseptik alami, ACV membuat wajah menjadi lingkungan yang tidak ramah untuk pertumbuhan mikroba juga, dan mengandung AHA yang bertindak sebagai exfoliant untuk menghilangkan serpihan. Encerkan cuka sari apel apa pun yang mungkin Anda miliki dengan air, pertahankan rasio satu banding tiga, dan Anda harus melakukannya!

4. Asam salisilat

Yang ini sayangnya tidak akan bekerja jika Anda memiliki kulit kering karena asam salisilat adalah bahan yang sedikit mengeringkan, tetapi jika Anda memiliki kulit berminyak, dengarkan! Anda bisa mendapatkan asam salisilat yang dijual bebas, dan ini akan membantu Anda mengatasi ketombe wajah dengan mudah. Ini bertindak sebagai toner, dan dapat menghilangkan semua minyak berlebih dan sel kulit mati yang mungkin menyebabkan masalah Anda, sehingga menghilangkan semua tanda dermatitis seboroik.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah penyelamat dalam hal semua hal kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya bekerja sangat baik untuk menghilangkan ketombe, karena memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan enzim dan asam lemak yang membantu mengurangi peradangan. Plus, sifat antimikrobanya sangat membantu dalam hal menghambat ketombe di wajah. Dan bagian terbaiknya? Ini bekerja dengan baik untuk setiap jenis kulit, dan dapat digunakan dalam kombinasi dengan bahan lain seperti cuka sari apel untuk pengelupasan kulit juga!

6. Perawatan Medis

Jika tidak ada pengobatan rumahan yang berhasil untuk Anda dan Anda merasa sedikit frustrasi, jangan stres! Untuk bentuk ketombe wajah yang lebih membandel, Anda bisa mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan resep obat mulai dari krim antijamur, hingga krim hidrokortison, bahkan kortikosteroid yang akan membantu menjinakkan ketombe wajah Anda.

Intinya, meski tidak bisa dicegah, Anda bisa melakukan langkah-langkah tertentu yang akan membantu mengatasi ketombe di wajah Anda. Mengobatinya sangat mudah, dan jika Anda memiliki kasus yang relatif ringan, beberapa pengobatan rumahan harus dilakukan. Kunjungi dokter kulit jika kambuh Anda sering terjadi dan jika Anda memiliki kasus membandel yang memerlukan resep dokter. Plus, jangan lupa bahwa membersihkan wajah Anda setiap hari dan pengelupasan kulit secara teratur dapat membantu dalam perawatan dermatitis seboroik!

Baca Juga :

Terganggu dengan Ketombe yang Muncul di Bulu Mata? Basmi Segera dengan Cara Ini

Walaupun Terdengar Asing, Tetapi Perawatan Neem Akan Memberikan Kamu Perawatan wajah yang Menakjubkan

Apa itu Ketombe Basah? Dan Bagaimana Menyingkirkannya? Ini Dia Jawabannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan