Kamu mungkin merasa jika sudah berhasil menemukan pelembab yang tepat, maka semua masalah kulit akan teratasi. Padahal, pelembab yang cocok dengan kulitmu pun masih memiliki risiko membuat kulit jadi kering dan gatal.

Apalagi, jika kamu memiliki beberapa kebiasaan buruk yang membuat kulit jadi lebih kering. Berikut adalah daftar kebiasaan buruk yang tanpa sadar bisa membuat kulit kamu kering : 

  1. Kamu terbiasa mandi terlalu lama

Mandi air panas dalam waktu yang lama mungkin bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai setelah menjalani hari yang panjang, tetapi sebenarnya kebiasaan ini bisa membuat kulit kamu jadi stres. Pasalnya, air panas dapat menghilangkan minyak dan kelembapan yang dibutuhkan kulit kamu untuk tetap sehat. Jadi semakin lama kamu mandi, maka kulit kamu pun akan semakin kering. 

Sebaiknya, jika kamu ingin menjaga kulit tetap sehat, jangan berlama-lama mandi dengan air panas. Cukup mandi secara singkat saja, lalu segera oleskan pelembab setelah mandi. 

  1. Kamu mengoleskan pelembap pada waktu yang salah

Menggunakan pelembab pada waktu yang tepat akan membantu kamu menuai semua manfaatnya. Cara untuk mengoleskan pelembab yang benar adalah mengaplikasikan pelembab dalam waktu 3 detik setelah mencuci muka. Jadi, oleskan pelembab kamu ketika wajah masih basah, jangan sebaliknya.

Dengan mengoleskan pelembab ketika wajah masih basah, kamu akan membantu mengunci kelembaban dan membantu menghidrasi kulit.

Sayang sekali, banyak orang mengoleskan pelembab dengan terlebih dahulu mengeringkan wajah mereka. Padahal ini adalah cara yang keliru.

  1. Kamu tidur tanpa kaus kaki

Tahukah kamu, mengenakan kaus kaki di tempat tidur dapat membuat kamu tidur lebih nyenyak, mencegah hot flash, dan mencegah tumit pecah-pecah yang membuatmu tidak PD saat menggunakan sepatu terbuka. 

Jika kamu ingin bebas dari kulit kering, maka kamu bisa mengoleskan krim lalu memakai kaus kaki sepanjang malam untuk menjaga kelembaban kulit. 

  1. Kamu mengeringkan wajah dengan handuk

Jika ingin kulit tetap cantik, jangan pernah mengeringkan atau bahkan menggosok kulit wajah dengan handuk yang kamu gunakan untuk mengeringkan badan. Karena, mengeringkan kulit dengan handuk katun yang keras dapat membuat kulit semakin kering bahkan bisa menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif.

Sebaiknya, setelah cuci muka biarkan wajah kamu mengering dengan sendirinya. Atau jika kamu ingin mengeringkan wajah, gunakanlah tisu yang halus dan bersih, tapi jangan gunakan handuk.

  1. Kamu terlalu sering makan telur

Memang benar bahwa telur adalah sumber protein yang baik. Tapi, sebenarnya telur dapat menyebabkan kulit jadi kering jika dimakan secara berlebihan. Makan terlalu banyak telur bisa berdampak negatif pada kulit kamu.

Meski begitu, kamu tidak perlu puasa telur. Pastikan saja bahwa kamu tidak makan lebih dari 3 butir telur dalam sehari. Jadi jika kamu makan dua telur dalam sehari, itu masih wajar dan tidak masalah. 

  1. Kamu menggunakan pelembab yang salah

Jika kamu merasa pelembab kamu hampir tidak berguna atau tidak memberikan efek apa-apa bagi kulit, maka pelembab itu mungkin terlalu ringan untuk jenis kulit kamu. 

Jika kulit kamu berminyak, pelembab berbahan dasar air adalah pilihan terbaik. Tapi jika kulit kamu sensitif, maka pelembab yang terbuat dari krim dengan bahan-bahan yang menenangkan adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan produk yang tepat untuk jenis kulit, kamu dapat membantu kulit terhidrasi lebih lama dan mencegah kandungan air menguap dari kulit.

Baca Juga :

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Terlalu Sering Cuci Tangan

Tips Make Up untuk Kulit Kering

Mengenali dan Mengatasi Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat