Bahan-bahan yang ada di rumah bisa kamu manfaatkan untuk merawat kulit, loh. Tanpa sadar, mungkin kamu melewatkan banyak manfaat dari bahan-bahan dapur yang ternyata bisa membuat kulit lebih cantik dan bersinar. Apa saja resep masker ala rumahan yang bisa kamu buat? Simak daftar berikut :

  1. Masker madu murni 

Madu murni ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kulitmu. Menurut ahli, madu murni bisa mengurangi kemerahan atau iritasi, meningkatkan kelembapan kulit, dan membantu pengelupasan kulit.

Cara membuat masker madu murni:

Pertama, oleskan tipis-tipis madu murni pada permukaan kulit wajahmu. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit. Setelah didiamkan, bilas sampai bersih. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelah kamu membilas wajah. 

  1. Masker gula merah 

Gula merah dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan pengelupasan kulit jika dimanfaatkan sebagai masker.

Cara membuat masker gula merah:

Pertama, siapkan gula merah dan minyak kelapa. Kemudian, campurkan 2 sendok makan (sdm) gula merah dan 2 sdm minyak kelapa, kemudian aduk rata. Perbandingan antara gula merah dan minyak kelapa adalah 1:1, ya. Jadi, jika kamu ingin menambah masker menjadi 4 sdm gula merah, maka kamu harus mencampurkan 4 sdm minyak kepala.

Setelah kedua bahan tercampur rata hingga membentuk pasta, oleskan pasta ke seluruh wajah, kemudian pijat lembut dengan gerakan memutar. Selanjutnya, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Masker teh hijau

Teh hijau tidak hanya baik dikonsumsi tetapi juga baik dijadikan masker. Mengapa? Karena teh hijau mampu mengurangi iritasi dan membantu melembapkan kulit kamu.

Cara membuat masker teh hijau:

Bahan yang kamu butuhkan adalah 1 sdm teh hijau, madu murni, dan soda kue. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu tambahkan air secukupnya agar ketiga bahan tercampur rata menjadi berbentuk pasta. 

Nah, pasta inilah yang harus kamu oleskan pada wajah. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. 

  1. Masker susu dan rempah

Kamu sedang mengalami masalah jerawat yang membandel? Coba buat masker susu dan rempah untuk mengurangi gejala jerawat dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah. 

Cara membuat masker susu dan rempah:

Siapkan 2 sdm madu murni, 2 sdm bubuk pala, dan 2 sendok teh (sdt) susu plain. Campurkan ketiga bahan hingga menjadi pasta, oleskan pada wajah, lalu biarkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat sampai bersih. 

  1. Masker cokelat 

Tahukah kamu, cokelat ternyata memiliki manfaat baik bagi kulit karena mampu meningkatkan kelembapan dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati. 

Cara membuat masker cokelat:

Campurkan 3 sdm bubuk cokelat murni, 1 sdm krim, dan 2 sdt madu mentah, lalu tambahkan susu cair secukupnya. Aduk semua bahan sampai menjadi pasta. Oleskan masker pada wajah, biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat. 

  1. Masker alpukat dan yoghurt

Punya buah alpukat dan yoghurt di rumah? Coba manfaatkan untuk membuat masker karena dapat membantu kamu mengurangi iritasi, meningkatkan kelembapan kulit dan membantu pengelupasan sel kulit mati.

Cara membuat masker alpukat dan yoghurt:

Haluskan satu buah alpukat, campurkan dengan 1 sdt madu mentah dan 1 sdt yoghurt plain. Aduk sampai rata sampai menjadi pasta. Selanjutnya, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih dengan air hangat.

Baca Juga :

7 Cara Mudah dan Murah untuk Membuat Masker Wajah di Rumah

Masker Wajah Buatan Rumah yang Harus Kamu Coba Hari Ini

Masker Wajah Dan Sheet Mask Itu Berbeda Lho. Yuk Cari Tahu Perbedaannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya